Follow kami di google berita

16.065 KPPS Disumpah Janji, KPU Kaltara : Tekankan Integritas Petugas

A-News.id, Tanjung Selor — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara melantik 16,065 kelompok penyelengaraan Pemungutan suara (KPPS) di empat kabupaten kota di kaltara.

“Hari ini, Kamis (25/1) sebanyak 16,065 untuk 2,295 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilantik untuk bekerja pada 14 februari mendatang ,” terang Ketua KPU Kaltara Suryanata Al Islami.

Lalu, pelantikan para KPPS tidak hanya di Kaltara saja, namun serentak diseluruh Indonesia.

Kendati harus dilakukan serentak, di Kaltara tepatnya di Bulungan ada yang tidak melakukan di diwaktu dan jam yang sama. Hal itu dikarenakan bencana alam yang terjadi.

“Idealnya serentak di jam yang sama pada pukul 09.00 wita. Tetapi, diwilayah itu yakni kecamatan Tanjung Palas Timur terdapat desa yang tidak bisa melakukan serentak karena kondisi banjir, namun tetap dilakukan dengan jam yang agak berbeda,” bebernya.

Jumlah KPPS lanjut dia, untuk persiapan pemilu sudah terpenuhi untuk bekerja pada 14 februari. Dan dia meminta kepada KPPS lebih memantapkan diri.

“Pemilu 2024 ini ada yang berbeda setiap kelompok di isi 7 orang,” tuturnya.

Dengan jumlah yang cukup banyak tersebut, Surya berpikir para KPPS bisa mengetahui tugas di hari H.

“Saat ini 19 hari menjelang pemilu sehingga dapat menyesuaikan dan Insyallah dalam waktu dekat akan lakukan simulasi pemungutan suara dengan libatkan yang KPPS yang baru ini,” ujarnya.

Surya juga menekan integritas dapat dilaksanakan dengan sepenuhnya. Sebab kunci integritas yang harus di pegang, karena menyangkut kepercayaan masyarakat agar hasil pemilu dapat diterima.

Untuk tahun ini, pembatasan usia maksimal untuk KPPS sangat diberlakukan. Menurut dia, perubahan terjadi dibanding pemilu sebelumnya yang tidak ada pembatasan untuk menjadi KPPS.

“Pada saat ini batasan usia maksimal 17- 55 pada tahun 2024 ini,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, penekanan kesehatan dan paham dengan teknologi menjadi hal perlu dimiliki para KPPS. Bukan hanya faktor usia yang muda saja, tetapi kesehatan juga harus memadai karena bukan hanya 14 februari saja KPPS bekerja.

Namun mulai hari ke-1 menjelang pemilihan sudah mulai bekerja dan rekapitulasi akan berlangsung hingga hari selanjutnya.

Lalu Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani menambahkan, untuk kesiapan KPPS pihaknya telah melakukan pemeriksaan kesehatan para anggota melalui jaminan kesehatan. kesehatan.

“Nah untuk jaminan ini kita melakukan pemeriksaan juga apakah terdaftar atau tidak. Jika terjadi apa-apa saat pelaksanaan tugas mereka sudah terlindungi,” tutupnya. (*/Lia)

Bagikan

Subscribe to Our Channel