Follow kami di google berita

Walikota Samarinda Buka Acara TMMD Ke 115, Harapkan Sinegritas TNI dan Masyarakat Berjalan

(Foto: Walikota Samarinda, Andi Harun saat membuka acara TMMD ke-115/Ist)

Anews.id, Samarinda – Walikota Samarinda, Andi Harun menghadiri acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun anggaran 2022.

Acara pembukaan TMMD dengan tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” itu dilaksanakan di lapangan sepak bola kecamatan SD Negeri 001, kelurahan Rawa Makmur, kecamatan Palaran. Selasa (11/10/2022).

Dalam sambutannya, Andi Harun sangat mengapresiasi langkah TNI dan masyarakat dalam menghadirkan efesiensi dan efektifitas dalam mensejahterakan warga.

Tak hanya itu, AH sapaan karibnya menyebutkan TMMD merupakan program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah beserta masyarakat yang sudah berjalan selama 41 tahun,

“Kemanunggalan TNI dengan rakyat harus terus kita tingkatkan. Program TMMD ini, baik fisik maupun non fisik jelas sangat membantu. Saya atas nama pemerintah kota dan seluruh masyarakat kota Samarinda, mengucapkan terima kasih kepada Pak Danrem, Pak Dandim serta keluarga besar TNI dan Polri serta seluruh yang terlibat untuk kita sama-sama terus tingkatkan solidaritas kita,” ungkap AH.

Selain itu, AH mengaku bangga terhadap program TNI Manunggal TMMD Karena pekerjaan yang kelihatannya berat bisa menjadi ringan sebab dilaksanakan secara bersama-sama atau gotong royong.

“Ya kegiatan ini tentu sangat bermanfaat, belasan tahun jalan ini tidak bisa menghubungkan dua kelurahan (Handil Bakti-Rawa Makmur), dengan anggaran yang sangat efisien Rp 1,8 miliar jadi bisa menyelesaikan pekerjaan pembanguann talut dan perbaikan jalan. Apabila kita bandingkan dengan kegiatan reguler di dinas maka tentu ini jauh lebih murah, lebih efisien. Bahkan kalau saya setiap tahun kita akan dukung terus, pokoknya kemanunggalan TNI dan rakyat, pemerintah terus harus kita tingkatkan,”ucap AH.

“Selain dapat mendorong roda perekonomian, akses jalan ini juga banyak memberikan banyak manfaat bagi para petani dan anak-anak usia sekolah yang berada di daerah Handil Bakti serta Rawa Makmur pada khususnya, dan masyarakat Kecamatan Palaran pada umumnya,” imbuhnya.

(Foto: Walikota Samarinda, Andi Harun memberikan bantuan kepada masyarakat/Ist)

Sementara Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi mengatakan kegiatan dalam TMMD adalah implementasi daripada sistim pertahanan rakyat semesta.

“Adalah sistim pertahanan yang ditakuti oleh negara-negara lain di dunia dalam hal untuk menyerang kita secara fisik. Contohnya Taliban bisa mengalahkan negara Amerika dari negerinya. Adanya kemanunggalan kita sasar dalam TNI ini. Jadi kemanunggalan TNI dan rakyat itu prasyarat utama dari jalannya sistem keamanan rakyat semesta,” ungkapnya.

Secara teknis Dandim Samarinda menjelaskan dalam pelaksanaan TMMD ke 115 di Kota Samarinda 11 Oktober- 9 November ini, Kodim 0901 Samarinda bersama Satgas yang berjumlah 150 orang dari TNI Polri dan masyarakat 25 orang.

“Kita akan melaksanakan tiga objek secara fisik ada objek jalan panjang 1.520 meter lebar 5 meter dalam rangka peningkatan kualitas, kemudian ada 2.215 meter panjang talut atau tembok penahan tanah. Kemudian yang ketiga ada 3 jembatan atau gorong-gorong yang akan menghubungkan kelurahan Handil Bakti dengan kelurahan Rawa Makmur,” jelasnya.

Kendati itu, Dendy berharap Melalui TMMD TNI bisa membantu Wali Kota dalam hal pembangunan ini sehingga masyarakat semakin sejahtera masyarakat, semakin senang dan bisa dekat dengan TNI itu.

“Outcomenya, pertahanan rakyat semesta. Itukan sudah amanat Undang Undang Dasar, bukan Undang Undang. UUD Pasal 30 bahwa sistem pertahanan keamanan Indonesia namanya Sisankamrata. Jadi outcomenya kesana,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel