Follow kami di google berita

Upacara Peringatan Hardiknas dari Dalam Rutan

A-News.id, Tanjung Redeb – Rumah tahanan negara (Rutan) Kelas II B, Tanjung Redeb menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022. Peringatan tersebut semestinya digelar pada 2 Mei lalu, namun karena bertepatan dengan perayaan Idul Fitri dan libur panjang sehingga, upacaranya baru bisa digelar pada Jumat (13/5/2022).

Pada Hardiknas tahun ini, pemerintah mengusung tema, “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar” atau secara harfiah berarti membangun kembali pola pendidikan dengan kurikulum Merdeka agar kegiatan belajar kembali pulih setelah hantaman pandemi covid-19.

Yang mencolok dari pelaksanaan upacara Hardiknas ini yakni, rata-rata para peserta upacaranya memakai pakaian adat nusantara, dan sebagian lain, menggunakan pakaian batik kopri termasuk pihak Rutan Tanjung Redeb. Dalam sambutannya, Kepala Rutan, Puang Dirham menyampaikan pidato Menteri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan, kita mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya,” tutur Puang Dirham menyampaikan pidato Mendikbud, Nadiem Makarim.

“Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar,” Pungkas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Dalam kegiatan, Kepala Rutan memberi motivasi kepada jajarannya untuk bekerja sesuai dengan visi dan misi serta tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif).

“Mari kita bersama sama bergerak untuk terus meningkatkan dan ikut menggerakkan pemajuan pendidikan dan kebudayaan melalui bimbingan kerja (bimker) di lingkungan Rutan Tanjung Redeb khususnya, agar selalu bersinergi serta tetap semangat dalam berkinerja PASTI demi bangsa dan Negara Indonesia,” ucap Puang.

Kepala Rutan, Puang Dirham mengajak semua jajaran untuk tetap memiliki semangat dan bekerja keras dengan penuh dedikasi yang tinggi.

“Kita harus memiliki komitmen untuk menjaga integritas moral dan memiliki keyakinan untuk membangun Pemasyarakatan yang lebih baik di masa depan,” tandasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel