Follow kami di google berita

UMKM Tarakan Tumbuh 15,93 Persen

A-News.id, Tarakan — Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes membuka Serasehan bersama Stakeholder dan Pelaku UKM Kota Tarakan pada Senin, 19 Februari 2024 di gedung serbaguna Pemerintah Kota Tarakan.

Serasehan ini merupakan langkah nyata Pemerintah Kota Tarakan dalam mendukung pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayahnya. Mengingat peran penting UKM sebagai pondasi ekonomi, baik di tingkat lokal maupun nasional, Khairul menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak untuk mendorong UKM di Tarakan naik kelas.

“Jumlah pelaku UKM di Kota Tarakan tahun 2023 mencapai 26.517, meningkat 15,93 persen dari tahun sebelumnya,” ungkap Khairul dalam sambutannya.

Sebagai bentuk komitmen dalam memajukan UKM, serasehan ini menghadirkan 62 program kolaboratif yang dirancang bersama 20 stakeholder terkait. Program-program ini meliputi berbagai aspek, seperti pelatihan, pendampingan, akses permodalan, pemasaran, dan pengembangan teknologi.

“Kerjasama antara pemerintah, swasta, akademisi, dan komunitas sangatlah penting untuk menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan UKM,” ujar Khairul.

“Melalui serasehan ini, diharapkan program-program yang ada dapat disinkronkan dan diimplementasikan dengan efektif, sehingga terhindar dari tumpang tindih dan memaksimalkan potensi yang dimiliki,” lanjutnya.

Khairul menaruh harapan besar pada UKM di Tarakan untuk menjadi motor penggerak ekonomi kota. Menurutnya UKM memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan kerja di sektor nonformal dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Melalui sinergi dan visi bersama, saya yakin UKM di Tarakan mampu naik kelas dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan daerah,” tandasnya. (bro)

Bagikan

Subscribe to Our Channel