Follow kami di google berita

Tonjolkan BUMK, Kampung Labanan Makarti Wakili Kaltim di Ajang Lomba Desa Nasional

A-News.id, Tanjung Redeb – Kabupaten Berau kembali mengirimkan perwakilan mengikuti Lomba Desa Nasional mewakili Provinsi Kalimantan Timur. Kampung yang terpilih yakni Labanan Makarti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Tenteram Rahayu, mengatakan bahwa saat ini sedang proses verifikasi berkas oleh Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Jika Kampung Labanan Makarti lolos verifikasi berkas, maka selanjutnya akan melakukan presentasi sebagai tahapan lomba berikutnya.

“Labanan Makarti terpilih untuk mewakili Kalimantan Timur di tingkat Nasional,” ujar Tenteram, beberapa waktu lalu.

Tenteram menjelaskan, dari proses verifikasi berkas yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri, nantinya akan menetapkan tiga desa teratas.

“Kita masih menunggu hasilnya. Kalau memang masuk 3 besar diverifikasi, nanti akan presentasi di Jakarta,” jelasnya.

Dikatkannya, Kampung Labanan Makarti terpilih mewakili Kaltim di tingkat Nasional karena programnya terbilang inovatif. Khususnya pada pengelolaan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) yang dikelola secara baik.

Selain itu, kemitraan dengan pemerintahan kampung lain dan perusahaan swasta di sekitar kampungnya juga jadi unggulan.

Dikatakannya, ini bukan kali pertama Berau mengirimkan wakilnya mewakili Kaltim di ajang perlombaan desa nasional. Sebelumnya Kampung Sumber Agung, Kampung Batu Putih, dan Kampung Gurimbang, telah lebih dahulu mewakili Berau hingga tingkat nasional.

“Kita selalu persiapkan kampung yang lain, karena tidak boleh ikut kalau sudah juara,” ujarnya.

Bahkan pihaknya saat ini terus mempersiapkan kampung-kampung lainnya dalam pengelolaan kampung. Sehingga, di masa yang akan datang bisa terpilih dan mewakili Berau di tingkat provinsi dan jika menang akan mewakili Kaltim di tingkat nasional.

“Setelah ini kita siapkan yang unggulan lagi,” tegasnya.

Dirinya menyebut, dukungan Pemerintah Kabupaten Berau sangat luar biasa. Apalagi, kampung-kampung yang telah dan bahkan dipersiapkan merupakan kampung berprestasi sehingga patut mendapatkan apresiasi dan penghargaan.

“Sebagai kampung yang berprestasi ada penghargaan juga dari provinsi baik dana ataupun piagam,” imbuhnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel