Tok!!! APBD Berau Rp 3,5 Triliun, Jadi yang Terbesar Sepanjang Sejarah Berau Berdiri

A-News.Id, Tanjung Redeb – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Berau tahun 2023 telah di ketuk dengan nilai yang fantastis dengan nilai Rp 3,5 Triliun. Nominal itu pun menjadi angka tertinggi APBD Berau sepanjang sejarah Kabupaten Berau berdiri.

Hal itu pun diungkapkan langsung oleh Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi P Mangunsong. Menurutnya, nilai tersebut adalah angka yang sangat tinggi. Bahkan, sepanjang Berau berdiri.

Diakuinya, belasan tahun lalu, APBD Berau pernah mencapai angka yang sama. Yakni, Rp 3,5 triliun. Namun, angka itu telah digabung dengan APBD perubahan.

“Iya, APBD tahun 2023 adalah yang paling tinggi sepanjang Berau berdiri,” ujarnya.

Dikatakannya, dengan besarnya anggaran tersebut tentu menjadi pekerjaan yang berat untuk pemerintah kabupaten Berau. Terkhusus Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Itu ‘PR’ besar untuk Pemkab,” tegasnya.

Lanjutnya, dengan anggaran yang sangat tinggi, pihaknya menegaskan agar dana yang tersedia bisa dimaksimalkan.

“Itu harus dimaksimalkan, jangan sampai tidak,” katanya.

Dirinya pun menyebut, anggaran yang besar memiliki potensi silva. Dan jika dana tersebut silva, maka akan menjadi kerugian besar bagi Berau.

“Itu akan memengaruhi APBD Berau tahun selanjutnya jika tidak dimanfaat sebaik mungkin,” jelasnya.

Politisi senior Partai PDIP tersebut mengugkapkan, angka Rp 3,5 Triliun tersebut belum termasuk APBD-2.

“Jika APBD murni nanti ditambah dengan APBD perubahan, maka bisa jadi hingga 4 Triliun APBD Berau,” pungkasnya. (Adv/Poh).

Bagikan