Follow kami di google berita

Tingkatkan Kapasitas Wartawan, PWI Berau Kerja Sama Prokopim Lakukan Studi Jurnalistik

A-News.id, Tanjung Redeb – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Berau melakukan kegiatan Studi Pembelajaran Jurnalistik di Kota Surakarta dan Jogjakarta Tahun 2023. Kegiatan ini bekerja sama dengan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Berau.

Hari pertama Studi Jurnalistik ini, PWI Berau bersilaturahmi dengan PWI Surakarta sekaligus mengunjungi Monumen Pers Nasional di Jalan Gajahmada Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (11/9/2023).

Rombongan PWI Berau dan Prokopim Setda Berau disambut Ketua PWI Surakarta Anas Syahirul, dan Sekretaris PWI Surakarta Asep Abdullah.

Kepala Bagian Prokopim Setda Berau, Sunarto, menyampaikan terima kasih atas kesediaan PWI Surakarta berkenan menerima kunjungan PWI Berau bersama Prokopim Setda Berau dalam rangka pembelajaran meningkatkan kapasitas dan kapabilitas awak media di Kabupaten Berau.

Dikatakannya, pers merupakan pilar ke-4 demokrasi yang kebebasannya dilindungi undang-undang. Sehingga sudah semestinya, insan pers menjadi media penyampaian setiap aspirasi masyarakat terhadap pemerintah, yang tentu saja diharapkan memahami tugas dan fungsinya dengan memperhatikan kode etik jurnalistik yang berlaku.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya informasi yang disajikan oleh media massa harus mengedepankan objektivitas, yang membuat masyarakat atau netizen mengetahui fakta kebenaran, bukan justru kebohongan atau hoaks.

“Melalui agenda studi ini, saya mendorong rekan-rekan jurnalis dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” ujarnya.

Dia juga berharap studi ini sebagai forum diskusi untuk bersama-sama membangun iklim demokrasi dan kebebasan berpendapat yang sehat untuk kemajuan pembangunan daerah.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh awak media yang selama ini telah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai alat kontrol sosial terhadap kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” jelasnya

Sunarto berharap kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Berau dengan seluruh media massa dapat terjalin sinergis, dan dapat turut berkontribusi menyebarluaskan kebijakan pemerintah serta menjadi corong informasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

“Semoga kegiatan studi pembelajaran para jurnalis Kabupaten Berau di Surakarta bermanfaat untuk kemajuan dunia jurnalistik di Bumi Batiwakkal,” imbuhnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel