TINGKAT PARTISIPASI PILKADA 2020 DI BERAU CUKUP TINGGI

Ilustrasi

ANEWS, Tanjung Redeb – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, Budi Harianto mengungkapkan, tingkat partisipasi selama pelaksanaan pemungutan suara di pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 serentak cukup tinggi.

Ia menyebut, hal itu berdasarkan hasil monitoring penyelenggara di lapangan dan laporan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Bahkan, angka partisipan pemilih tersebut tidak terlalu menurun walaupun di masa pandemi covid-19.

“Hasil monitoring kawan-kawan dan laporan dari PPK secara lisan angka partisipasi masyarakat lumayan tinggi rata-rata di atas 60 persen,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/12/2020).

“Mengingat di masa pandemi, saya pikir angka itu cukup bagus,” imbuhnya.

Selain ancaman pandemi covid-19, untuk pelaksanaan pemungutan suara 9 Desember 2020 di Kabupaten Berau kondisi cuaca memang sempat tidak bersahabat. Namun demikian kondisi itu pula dikatakan tidak menyurutkan warga untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Di mana kita lihat kondisi pandemi dan juga kemudian kemarin dari pagi sampai siang itu ada beberapa wilayah yang hujan. Dan kita pikir itu lumayan tinggi di tengah Pandemi sekarang ini,” ujarnya.

“Hasil pastinya sendiri baru bisa diketahui usai dilakukan perekapan tingkat Kabupaten,” pungkasnya.

Sesuai dengan tahapan pemilu, terkait tahapan rekapitulasi di tingkat PPK akan berlangsung pada tanggal 10-14 Desember kemudian di tingkat Kabupaten pada 12-17 Desember. (mik)

Bagikan