Follow kami di google berita

Tekan Angka Inflasi Di Kota Samarinda, Pemkot Akan Perkuat Sektor Pertanian

(Foto: Walikota Samarinda, Andi Harun/Ist)

Anews.id, Samarinda – Ancaman inflasi tinggi di waktu kedepan, membuat Pemerintah kota (Pemkot) Samarinda harus berupaya menangani permasalahan itu.

Salah satu upaya Pemkot Samarinda dalam menekan angka inflasi. Yakni, mendorong masyarakat untuk menanam komoditas pangan seperti cabe dan tomat di pekarangan masing-masing rumah. Dengan memberikan bibit yang tanamnya.

Kepada awak media, Walikota Samarinda, Andi Harun menuturkan program itu menjadi kunci menstabilkan harga, seperti diketahui kebutuhan pangan warga kota Samarinda telah lama bergantung dengan daerah lain seperti Sulawesi dan Jawa.

“Kita akan bangun irigrasi pertanian serta infrastrukturnya dalam rangka meningkatkan hasil pangan,” ungkap Andi Harun. Rabu (26/10/2022).

Untuk itu, AH sapaan karibnya menambahkan ada beberap titik lumbung pangan warga Samarinda seperti di Bantuas, Bukuan, Giri Rejo, dan Tanah Merah.

AH juga menjelaskan hal ini dilakukan untuk menciptakan ketahanan pangan dan turut meningkatkan kesejahteraan petani.

“Cara ini bisa jadi penyeimbang stok pangan dari luar juga,” imbuhnya.

Untuk diketahui, untuk di Kalimantan sendiri, inflasi tertinggi berada di Kota Sampit, Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar). Sementara, di Kalimantan Timur (Kaltim), Kota Balikpapan berada pada inflasi 5.18 persen, dan Kota Samarinda berada di 4,45 persen dengan rata-rata inflasi nasional sebesar 5,26 persen.

Bagikan

Subscribe to Our Channel