Follow kami di google berita

Target Rampung Seminggu, Pelipatan Surat Suara Libatkan 100 Orang

A-News.id, TANJUNG SELOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan,Kalimantan Utara mulai melakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Masyarakat dilibatkan dalam proses pelipatan surat suara tersebut.

Hari pertama Senin (8/1), di gudang logistik (Dome Center) Jalan Jelarai Raya tampak Ketua KPU Bulungan Lili, langsung memantau proses pelipatan.

Di lokasi tersebut, Lili menjelaskan, jika pada hari pertama surat suara untuk pemilihan presiden yang dilakukan pelipatan dengan jumlah 114,588 surat suara. Lalu, akan disusul DPD,DPR-RI dan terakhir DPRD.

Pelipatan surat suara, pada pemilu 2024 pihaknya melibatkan masyarakat, KPPS dan Mahasiswa. Di Pemilu 2024 diungkapkan dia,pelipatan surat suara didominasi anak muda dan mahasiswa.

Mengapa demikian, diyakini dia anak muda memiliki gerak cepat sehingga pelipatan surat suara bisa cepat diselesaikan.

Pemilu sebelumnya juga demikian, melibatkan anak muda dan masyarakat. Yang memang dikenal dan sebagian juga memang mencari pekerjaan.

“Jadi semua yang lipat kertas suara ini. Orang-orang yang kita kenal saja ,” ujar nya kepada A-News.Id,Senin (8/1).

Kemudian lanjut dia, dengan diberdayakan anak dan memang orang yang kenal agar dapat memastikan siapa-siapa yang melipat kertas guna menghindari kecurangan.

“Hari ini pelipatan surat suara pemilihan Presiden kita kerjakan dari pukul 09.00 WITA hingga pukul 18.00,” terangnya.

Setelah sore ini selesai tambah dia, pada malam Pukul 19.00 WITA akan dilanjutkan dengan kertas suara DPD-RI.

” Target selesai pengerjaan semua surat suara selama satu Minggu, ya kita targetkan satu mulai tanggal 8 -13 Januari semua surat suara ini sudah rampung,” harapnya.

Ditambahkan lili, pada pelipatan surat suara ada ditemukan surat suara yang rusak. Namun secara pasti jumlah nya berapa pihaknya masih belum mengetahui.

” Ya, secara pasti jumlahnya surat suara yang rusak ini jumlahnya kita belum ketahui. Sebab masih dalam tahap pelipatan, tapi memang ada surat suara yang rusak kita temui. Nanti kalau sudah rampung baru bisa ditotalkan semuanya,” pungkasnya.(*/Lia).

Bagikan

Subscribe to Our Channel