Follow kami di google berita

Bakamla Tangkap Kapal Asing Bermuatan Minyak Mentah Senilai Rp4,6T

A-news.id — Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mengamankan kapal MT Arman 114 berbendera Iran.

Dalam press conferencenya hari ini Selasa, 11 Juli 2023, kapal yang ditangkap itu bermuatan minyak mentah atau light crude oil (LCO) sebanyak 272.569 metrik ton.

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia mengatakan, kapal berbendera Iran yang ditangkap membawa minyak mentah itu ditaksir membawa muatan dengan nilai Rp 4,6 triliun.

Dalam penjabarannya, dirinya menyampaikan pada Jumat, 7 Juli 2023 Pusat Maritim yang ada di Bakamla mencurigai adanya spot atau titik yang tertangkap radar menjelang pagi karena terlihat pada umumnya di ZEE Indonesia.

Kemudian, kata dia, karena dirinya memerintahkan unsur patroli udara yang dimiliki Bakamla untuk mendeteksi kontak tersebut.

Menurut dia, atas arahan untuk mendekat ke kapal yang dimaksud, akhirnya KN Marore berhasil mendekat pada pukul 07.30 WIB dan memang benar melihat secara visual dinyatakan 2 unit kapal super tanker yang sedang transitment (merapat).

Sementara, untuk 2 unit kapal yang dicurigai oleh Bakamla, kata dia, terpantau sedang melakukan transitment yang jelas dilarang keras melakukan kegiatan di zona ZEE Indonesia.

Dikatakannya, dalam proses penangkapan 2 kapal super tanker ini tidak mengindahkan arahan Bakamla bahkan sudah melanggar di ZEEnya Malaysia, maka Bakamla melakukan pengejaran seketika namun tetap izin ke pihak negara Malaysia.

Ditambahkan dia, karena Bakamla menjadi Ketua Asean Coast Guard Forum sehingga tercipta hubungan sangat baik khususnya dengan Malaysia, sehingga diizinkan untuk terus mengikuti dari jam 07.30 pagi sampai siang.

“Dibantu juga dari Coast Guardnya Malaysia, sehingga akhirnya kapal bisa dikuasai dan akhirnya kita kirim sekoci cepat Bakamla untuk merapat,” kata dia.(SA/Situs Energi)

Bagikan

Subscribe to Our Channel