Tambah 89 Kontingen, Kaltim Berangkatkan 521 Kontingen ke PON XX Papua

ANEWS, Samarinda – Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan diadakan pada bulan Oktober 2021 mendatang. Kalimantan Timur menambah 89 kontingen, yang mulanya 432 kontingen menjadi 521 kontingen yang akan berangkat ke Papua.

Hal ini langsung disampaikan oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim, Zuhdi Yahya melalui Wakil Ketua 4 KONI Kaltim, Rusdiansyah Aras.

“Dari 89 kontingen tambahan tersebut, terdiri dari 13 Cabang Olahraga (Cabor), dan ada dua cabor yang baru yakni Renang Laut dan Bisbol,” ungkapnya saat ditemui di kantor KONI Kaltim. Senin 14 Juni 2021

Rusdiansyah Aras menjelaskan bahwa penambahan tersebut dilatarbelakangi lantaran adanya dorongan Cabor dan dikomunikasikan oleh Ketua KONI Kaltim kepada Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Dari hasil audiensi atlet pada posisi ranking 4 dan 5 hasil prakualifikasi PON XX Cabor tahun 2019 bisa mengikuti PON XX Papua dalam kontingen Kaltim,” jelasnya.

Kendati demikian, Ia menghimbau kepada Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabor, KONI Kabupaten/kota dan Pengcab/kota Cabor dengan KONI Kaltim untuk dapat bekerja sama mempersiapkan atlet-atlet yang saat ini masih berada di daerahnya. masing-masing menunggu pelaksanaan pemusatan latihan daerah (PUSLATDA) atau TC sentralisasi yang direncanakan dalam waktu dekat.

“Atlet dan pelatih tidak saja jadi aset KONI Kaltim tapi juga aset KONI kab/kota serta aset pengprov, pemkot dan pemkab,” pungkasnya.

Beriku daftar Cabor penambahan yang akan diberangkatkan ke PON XX Papua 2021, yakni Kempo, atlitek, angkat besi, angkat berat, bisbos dan renang laut. renang lintasan, panahan, judo, menembak, dan terjun payung. (Ris)

Bagikan