Follow kami di google berita

Sutomo Jabir Dorong Anggaran Pendidikan di Kaltim Bisa Terserap dengan Baik

Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Sutomo Jabir. (Dok DPRD Kaltim)
Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Sutomo Jabir. (Dok DPRD Kaltim)

Anews.id, Samarinda – Sutomo Jabir, selaku Anggota Komisi III DPRD Kaltim memiliki harapan agar anggaran dana yang berasal dari APBD Kaltim dapat terserap secara optimal di tahun 2023 ini. Secara khusus pada program-program di sektor pendidikan.

Ia menambahkan, secara tidak langsung mengenai anggaran pendidikan di Kaltim sudah mengalami kenaikan yang signifikan. Pihaknya menginginkan agar program belanja pendidikan pun mesti bisa fokus ke kebutuhan pendidikan dari masyarakat yang ada di Kaltim.

“Jangan fokus pada apa yang dibutuhkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ungkapnya.

Sutomo menjelaskan, pengalokasian anggaran yang jumlahnya cukup besar tersebut harus dibersamai dengan perencanaan yang baik. Terlebih lagi, sarana prasarana pada sejumlah sekolah itu harus dilengkapi.

Ia berpendapat bahwa fasilitas pendidikan yang mendukung para siswa pun mempengaruhi kualitas pendidikan. Dengan demikian, harapan dari Sutomo, daerah-daerah di pelosok Kaltim pun dapat menyerap anggaran dana yang telah disediakan untuk sektor pendidikan.

“Sebab infrastruktur pendidikan yang ada di Kaltim, tak sedikit yang masih berada dalam kondisi yang belum layak,” lanjut Sutomo.

Hingga saat ini, ia menilai masih kurangnya jumlah infrastruktur pendidikan yang memadai di Kaltim. Alhasil, kebutuhan akan rombongan belajar (rombel) masih tidak terpenuhi di sejumlah satuan pendidikan.

“Di beberapa kabupaten dan kota se-Kaltim, masih banyak siswa yang akhirnya tidak bisa belajar dengan baik karena keterbatasan ruang kelas,” pungkasnya. (Adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel