Follow kami di google berita

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Bupati Harap Masyarakat Saling Sinergi Bangun Bumi Pertiwi

A-News.id, Tanjung Redeb — Bupati Berau, Sri Juniarsih membuka seminar 4 pilar kebangsaan di Balai Mufakat, Kamis (28/7/2022). Materi 4 pilar kebangsaan dibawakan langsung oleh Anggota MPR RI, KH Aus Hidayat Nur.

Bupati Berau, Sri Juniarsih mengatakan, setiap warga negara harus mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan 4 pilar.

Kegiatan sosialisasi 4 pilar Kebangsaan merupakan kegiatan yang sangat penting bagi penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara khususnya terhadap masyarakat.

Bupati perempuan pertama di Berau ini pun menyebut bahwa Pilar adalah Tiang Penguat (Bangunan), Pilar juga sebagai dasar (yang pokok) atau induk serta tiang penyangga.

“Pentingnya pilar-pilar kebangsaan yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara”katanya.

Lanjutnya, dasar hukum sosialisasi 4 Pilar MPR RI adalah UU Nomor 17 Tahun 2014 jo UU Nomor 42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD Pasal 5 huruf a dan b, Pasal 11 C. Selain itu juga Peraturan MPR RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang tata Tertib MPR RI Pasal 6 huruf a dan b, Pasal 13 huruf C.

Serta yang terakhir Inpres No.6 Tahun 2005 tentang dukungan kelancaran pelaksanaan sosialisasi UUD NRI Tahun 1945 yang dilakukan oleh MPR.

Dirinya berharap, agar setiap masyarakat hingga pimpinan pemerintan tingkat desa, kecamatan hingga dirinya pun bisa menerapkan makna dari 4 pilar kebangsaan tersebut.

“Semoga saja kita semua bisa guyup rukun dalam menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik. Serta, menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa kita,” tandasnya. (poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel