Follow kami di google berita

Si-Ikan Haruan: Meningkatkan Pelayanan Perbaikan Hasil Uji Kendaraan

A-News.id, Tanjung Redeb – Dinas Perhubungan (Dishub) Berau meluncurkan Sistem Informasi Perbaikan Hasil Uji Kendaraan (Si-Ikan Haruan), inovasi ini merupakan pelayanan perbaikan hasil uji kendaraan bermotor kepada masyarakat melalui perangkat smartphone. Sistem ini merupakan pengembangan dari Sistem Informasi Manajemen Pengujian Kendaraan Bermotor (SIM PKB) yang saat ini sudah digunakan di unit pelaksana teknis pengujian kendaraan.

Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Hudan Firdausi mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, diperlukan mekanisme khusus berupa perangkat lunak aplikasi Si-Ikan Haruan. Aplikasi ini memberikan informasi tentang berbagai item kerusakan kendaraan setelah dilakukan pengujian, rekomendasi bengkel terdekat, serta waktu dan tempat pelaksanaan uji ulang.

“Aplikasi Si-Ikan Haruan dapat diakses oleh penguji, pemilik kendaraan/driver, dan teknisi/petugas bengkel. Keberadaan aplikasi ini dapat meminimalisir terjadinya miskomunikasi antara penguji/petugas pemberi layanan dan pemilik kendaraan/driver,” katanya.

Selain itu, data informasi kendaraan yang tidak lulus uji dapat terdokumentasi dengan baik. Penerapan aplikasi ini juga memberikan manfaat bagi pemerintah dengan mengurangi penggunaan kertas (less paper), sehingga tercipta efisiensi anggaran.

Setelah pemilik kendaraan mendapatkan Surat Keterangan Tidak Lulus Uji (SKTL) melalui Aplikasi Si-Ikan Haruan dalam bentuk pesan elektronik, mereka dapat melanjutkan untuk melakukan proses perbaikan kendaraan di bengkel yang direkomendasikan. Setelah perbaikan selesai, pemilik kendaraan/driver dapat melaksanakan uji ulang kendaraan di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Berau.

Dengan adanya Si-Ikan Haruan, diharapkan proses perbaikan hasil uji kendaraan menjadi lebih efisien dan transparan. Pemilik kendaraan/driver dapat dengan mudah mengetahui kerusakan yang perlu diperbaiki dan mendapatkan rekomendasi bengkel terdekat.

“Hal ini juga membantu penguji/petugas bengkel dalam memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada pemilik kendaraan/driver,” lanjutnya.

Pemerintah Kabupaten Berau terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Inovasi seperti Si-Ikan Haruan merupakan salah satu langkah dalam menerapkan teknologi informasi guna mempermudah akses dan meningkatkan efisiensi dalam layanan perbaikan hasil uji kendaraan.

“Diharapkan dengan adanya sistem ini, tingkat kepatuhan dalam menjaga keamanan dan kelaikan kendaraan bermotor di Kabupaten Berau semakin meningkat,” tandasnya. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel