Follow kami di google berita

Sektor Potensial Belum Maksimal, Berau Masih Bergantung Pada DBH

A-News.id — Anggaran pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau masih banyak ditopang oleh sektor pertambangan. Bahkan sampai 59 persen. Padahal Kabupaten Berau memiliki sektor potensial lain yang tidak kalah menjanjikan.

Hal ini jika digarap dengan tepat tentunya potensial tersebut dapat menambah PAD Berau dengan maksimal.

Bahkan berdasarkan keterangan kepala BPS Berau, sektor UMKM dan Pertanian merupakan sektor paling unggul untuk menggantikan pertambangan.

Hal ini dikatakan Ketua Komsi II DPRD Berau, Andi Amir. Dirinya menilai bahwa produksi yang dihasilkan seperti sektor pertanian, perkebunan, perkanan bahkan peternakan dapat menguatkan ekonomi daerah Kabupaten Berau.

Hal itu dimaksudkan, supaya warga yang bekerja di sektor itu nantinya akan lebih meningkatkan kemandirian sebagai penunjang kesejahteraan.

“Sesuai dengan potensi daerah kita, selain tambang ada banyak potensi lain, jadi untuk penguatan ekonomi keuangan itu yang perlu diperkuat,” tuturnya.

Andi Amir juga mengaku sepakat dengan pemerintah bahwa dari APBD Berau sekitar 59 itu berasal dari Dana Bagi hasil dengan terbesar memang dari perusahaan pertambangan. Namun dirinya mengingatkan bahwa kondisi pertambangan ini bukan suatu sektor yang berkelanjutan atau terbarukan.

“Oleh karenanya kita perlu mencari mata pencaharian lain maka pemerintah pernah menyatakan bahwa ingin meningkatkan di bidang lain, seperti sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan UMKM tadi,” jelasnya.

Bahkan, Politisi Golkar itu menegaskan, pemerintah daerah sangat perlu memperhatikan beberapa sektor unggulan selain tambang tadi, ia meyakini jika itu dapat sesuai dengan visi dan misi kepala daerah. Yang hasil akhirnya adalah peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saya melihat kalau memang itu yang mau dibangun, ayo sudah. Ajak dinas terkait untuk membahasnya, baru nanti apa yang menjadi visi dan misi kepala daerah itu disesuaikan,” tegasnya.

Ia meyakini bahwa jika semua sektor potensial di Kabupaten Berau dikelola dengan profesional, digarap dengan maksimal maka akan menjadi penopang ekonomi daerah yang bahkan bisa jauh mengalahkan sektor tambang yang masanya tidak akan lama lagi habis.

“Saya yakin dan percaya semua sektor di Berau dapat menopang ekonomi daerah asal dikelola dengan baik dan bisa mengalahkan sektor pertambangan,” pungkasnya. (Adv/yf*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel