Follow kami di google berita

Sa’ga Ingatkan Pembangunan Desa Harus Diprioritaskan

A-News.id, Tanjung Redeb — Belasan program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dinilai masih banyak yang belum terlaksana. Hal ini dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab Berau.

Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga mengatakan perlu adanya program yang benar-benar di prioritaskan diantaranya seperti pemenuhan kebutuhan air bersih baik di perkampungan maupun di perkotaan. Kemudian aliran listrik yang merata dan peningkatan jalan-jalan yang berada di setiap kecamatan dan perkampungan.

“Sekarang kita lihat sudah ada pergerakan yang cukup signifikan dari program kerja selama ini dan itu kita apresiasi. Terutama dalam pembangunan infrastruktur dasar seperti air bersih, listrik dan jalan penghubung,” katanya.

Untuk program prioritas khususnya masyarakat yang bekerja sebagai petani, Saga menjelaskan mereka perlu didukung dari sisi peningkatan atau pembukaan jalan usaha tani. Hal itu menurutnya merupakan salah satu penunjang kesejahteraan petani yang ada.

“Kita lihat juga sudah mulai teratasi khususnyna skala kecil pemda telah menggelontorkan anggaran dana kampung cukup besar,” jelasnya.

Persoalan yang sempat menghambat yakni upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air bersih diharapkan jangan sampai terulang termasuk persoalan jalan.

“Tinggal menginvestarisir titik jalan yang rusak. Disamping infrastruktur jalan perkampungan dan jalan usaha tani, pembangunan akses pariwisata juga harus tak kalah prioritas,” ujarnya.

Sa’ga juga menyebutkan untuk daerah perkotaan yang paling utama dan prioritas yaitu persoalan pemerataan distribusi air bersih. Sampai saat ini masih ada kawasan di perkotaan dan kecamatan terdekat belum terjangkau pelayanan air bersih dari PDAM. Termasuk juga draianse yang sudah ada masterplannya harus segera dilanjutkan.

“Begitu juga peningkatan jalan lingkungan yang kondisinya memang butuh diperhatikan. Gang-gang juga ada programnya, termasuk peniddikan dan kesehatan menjadi proritas utama,” tandasnya. (yf)

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel