Follow kami di google berita

Resmikan Kelurahan Dadi Mulya Sebagai Kampung Zakat, Andi Harun: Banyak Yang Membayar Zakat, Masyarakat Dhuafa Bisa Terbantu

(Foto: Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat berfoto bersama Jamaal Masjid Jabal Nur/Ist)

 

Anews.id, Samarinda – Kelurahan Dadi Mulya, Kecamatan Samarinda Ulu akhirnya ditetapkan sebagai salah satu kampung zakat untuk mendukung program Kampung Zakat di bulan suci Ramadhan.

Ditetapkannya kelurahan Dadi Mulya langsung dilakukan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat berkunjung ke Masji Jabal Nur yang berada di jalan Wolter Mongonsidi. Selasa (12/4/2022).

Ia menuturkan Mekanisme pengelolaan zakat diatur oleh Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 03 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Zakat. Dan Tujuannya adalah yaitu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat, mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penangulangan kemiskinan.

“Gerakan berzakat yang diterjemahkan menjadi program (kampung zakat) ini juga merupakan salah satu garda terdepan dalam pemberdayaan umat,” ucap ucap Wali Kota di depan seluruh Jamaah.

Pria yang kerap disapa AH tersebut menjelaskan bahwa program Kampung Zakat ini adalah salah satu pendekatan agama terhadap pemberdayaan masyarakat.

“Saya optimis, jika semua pihak yang terlibat dalam program kampung zakat ini berkomitmen mengawal program ini hingga berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, maka manfaat kampung zakat dapat dirasakan langsung oleh mustahik sebagai asnaf zakat, bahkan muzaki yang telah membayarkan zakatnya langsung dapat melihat hasilnya,” jelas AH.

Orang nomor satu di kota Samarinda menyakini jika semakin banyak masyarakat yang membayar zakat, maka sangat membantu ekonomi kaum duafa. Begitu juga sebaliknya, zakat dapat disebut sebagai media pemulihan ekonomi mikro kaum duafa terutama di masa pandemi Covid-19.

“Misi menolong sesama inilah yang akan mendorong mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban,” pungkasnya.

Sebagai informasi kampung zakat di Kelurahan Dadi Mulya memiliki 12 Unit Pengumpul ZIS (Zakat, infaq dan Shodaqoh) yang terintegrasi dengan Pemkot Samarinda.

Peresmian ini juga dibarengi dengan peluncuran program BPJS ketenagakerjaan untuk 3000 mustahik dan bantuan langsung dakwah dan advokasi untuk 1000 mustahik.

Bagikan

Subscribe to Our Channel