Follow kami di google berita

Resmi Lauching Saluran Siaga Pemilu, Bawaslu Harapkan Masyarakat Aktif Dalam Memberikan Informasi

(Foto: Suasana launching Saluran Siaga Pemilu oleh Bawaslu Kaltim/Yud)
(Foto: Suasana launching Saluran Siaga Pemilu oleh Bawaslu Kaltim/Yud)

Anews.id, Samarinda – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalimantan Timur (Kaltim) akhirnya melaunching Saluran Siaga Pemilihan Umum (Pemilu). Senin (20/2/2023) malam.

Launching yang diadakan cafe Setiap Hari yang berada di Jalan Juanda Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu, dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kaltim, Galeh Akbar Tanjung, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, Rudiansyah.

Komisioner Bawaslu Kaltim Galeh Akbar Tanjung menyatakan bahwa Pemilu yang akan datang ditahun 2024 merupakan pesta demokrasi yang dimiliki rakyat, sehingga masyarakat harus mengambil peran didalamnya.

“Pemilu merupakan pesta demokrasi, rakyat harus bergembira karena hasilnya adalah kesejahteraan bagi kita semua,” ungkap Galeh kepada awak media.

Tak hanya itu, Galeh menjelaskan peluncuran Saluran Siaga ini upaya kolaborasi Bawaslu Kaltim bersama masyarakat Kaltim secara utuh.

“Kita tidak mungkin bekerja sendiri, kita butuh peran serta masyarakat di Kaltim. Kita memiliki hotline Pemilu, yaitu saluran siaga pemilu,” jelasnya

“Kita mau masyarakat sebagai aktor dalam pesta demokrasi. Melalui saluran ini masyarakat dapat memberikan laporan dan informasi awal melalui WA,” ucapnya.

Kendati demikian, Galeh berharap usai launching Saluran Siaga Pemilu, tidak ada masyarakat yang khawatir dan takut untuk melaporkan jika ada permasalahan dan kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 yang akan datang atau dalam prosesnya.

“Kami berharap nanti tidak ada masyarakat yang takut, untuk melaporkan. Sebab kita yang akan melakukan pendalaman dan penulusuran lebih lanjut,” tutupnya.

Untuk diketahui, Saluran Siaga Pemilu ini masih dalam program pengawasan partisipatif, yang  dirancang melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung dalam mengawasi Pemilu.

Saluran ini difungsikan sebagai saluran untuk masyarakat dapat melaporkan adanya permasalahan atau pelanggaran dalam penyelenggaraan Pemilu via What’s App (WA) Bawaslu Kaltim.

Saluran Siaga Pemilu ini dapat diakses melalui Kontak WA Bawaslu Kaltim +62 816 201 128.

Bagikan

Subscribe to Our Channel