Puskesmas Tanjung Redeb Laksanakan Vaksinasi Tahap II di Busak Malur

ANEWS, Berau – Dalam rangka mencapai kekebalan komunal atau Herd Immunity di Kabupaten Berau, Puskesmas Tanjung Redeb, Senin, 9/8/2021 kembali melaksanakan vaksinasi dosis ke-2 bagi warga masyarakat, khususnya yang tinggal di Kelurahan Tanjung Redeb, Kelurahan Gunung Panjang dan Sei Bedungun.

Kepala Pukesmas Tanjung Redeb, H. Kasran mengatakan sebenarnya vaksinasi tahap II ini dlaksanakan sejak 24 s/d 29 Juli 2021, hari ini sisanya yang belum divaksin.

“Yang kita prioritaskan ya tiga kelurahan ini dulu, Kelurahan Gunung Panjang, Tanjung Redeb sendiri dan Sei Bedungun, kemudian anak-anak yang mau sekolah, ini penting karena persyaratan penerbangan saat ini kalau gak ada sertifikat vaksin tidak bisa terbang,” ujar Kasran, Senin, 9/8/2021.

Vaksinasi yang dilaksanakan hari ini, jelas Kasran, merupakan rangkaian vaksinasi tahap I yang sudah dilakukan sejak 24 sampai dengan 29 Juli 2021 lalu, dan sisanya ada yang tanggal 7 dan tanggal 9/8/2021 ini.

“Yang kita vaksin ini mulai tgl 24 sampai 29 Juli, kita dapat 210 kuota, hari ini akan kita laksanakan sisanya, ada yang tanggal 7 Agustus, ya diatas tanggal 29 Juli, itu nanti vaksin yang datang kita laksanakan lagi masih  tahap II, kita habiskan dulu tahap II, setelah itu baru kita buka ke tahap I, karena kalau kita langsung ke tahap I, tahap II belum selesai, nanti intervalnya terlalu jauh, “ ujarnya.

Menurut Kasran, pihaknya bisa saja melaksanakan vaksinasi setiap hari, tetapi karena keterbatasan vaksin, maka dilakukan secara bertahap.

“Kami bisa aja melaksanakan tiap hari, tapi karena keterbatasan vaksin datang, Nah vaksin ini kan datang gak banyak, dibagi 21 puskesmas melaksanakan semua. Jadi berapa yang kami dikasih, itu yang kami laksanakan,” tambahnya.

Dia mengatakan puskesmas-puskemas ini mendapatkan droping vaksin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, yang disuplai dari Provinsi Kaltim.

H. Kasran juga mengatakan bahwa vaksinasi untuk Kecamatan Tanjung Redeb, dilaksanakan 2 puskesmas, Puskesmas Tanjung Redeb, dan Puskesmas Bugis.

Sementara untuk tahap I nanti, lanjut Kasran, akan diaksanakan setelah menyelesaikan vaksinasi tahap II ini, sambil menunggu droping vaksin berikutnya. (gil).

Bagikan