Program 100 hari Kerja Jeng Rinda, Rusmadi Wongso Akui Bernilai Ekonomi

ANEWS, Samarinda – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda menggelar kegiatan Penyerahan Donasi Jelantah Membangun Samarinda (Jeng Rinda) Program 100 Hari Kerja, dilaksanakan di Rumah Jabatan Walikota Samarinda, Rabu 2 Juni 2021.

Kegiatan tersebut langsung dihadiri Wakil Walikota Samarinda Rusmadi, serta Kepala DLH Kota Samarinda Nurrahmani.

Rusmadi Wongso menuturkan bahwa Jeng Rinda merupakan program yang memanfaatkan limbah, khususnya limbah minyak goreng atau jelantah.

Diakuinya bahwa yang menjadi perhatian bersama pihaknya, apabila minyak goreng dimanfaatkan berulang ulang, itu menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan.

Dan apabila, jelantah itu dibuang ke air, tentunya bisa merusak kualitas air.

Bahkan katanya apalagi ketika dibuang di parit, namanya minyak itu ngikat maka bisa mengikat sampah-sampah di parit, hingga bisa menghambat jalannya air.

“Karena itu kami memanfaatkan jelantah ini. Dan karena itu juga memang bernilai ekonomi,” ungkap Rusmadi saat diwawancarai seusai kegiatan.

Rusmadi mengatakan bahwa di tahun 2019 jelantah itu berharga Rp. 3000, dan di tahun 2021 ini harganya Rp. 5000. Karena ekspor sehingga harga tergantung dari nilai tukar rupiah.

Jadi donasi jelantah yang terkumpulkan, itu untuk bisa didonasikan dan bisa juga menjadi menjadi bisnis. Melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rusmadi mengakui didorong untuk donasi.

“Dari donasi yang terkumpul itu kita gunakan untuk membeli tempat cuci tangan atau wastafel diserahkan ke sekolah,” pungkasnya. (Ris)

Bagikan