Perusahaan dan Tenaga Kerja di Berau Bertambah

A-News.id, Tanjung Redeb — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) pastikan adanya peningkatan tenaga kerja dan bertambahnya perusahaan di Kabupaten Berau.

Dari data yang dimilikinya, ditahun 2021, tercatat ada 149 perusahaan dari berbagai sektor yang beroperasi di Kabupaten Berau, diantaranya yakni pertambangan dan perkebunan. Sedangkan untuk total tenaga kerja tercatat ada sebanyak 36.888 orang.

“Itu data hasil dari laporan perusahaan ke Disnakertrans Berau,” ujar Kepala Disnakertrans, Masrani melalui Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans Berau, Risdauli Sinaga.

Dibandingkan tahun 2022, total perusahaan yang ada di Kabupaten Berau tercatat sebanyak 174 perusahaan dengan tenaga kerja sebanyak 41.372 orang.

“Berarti ada kenaikan sekitar 4.484 pekerja dan 25 perusahaan aktif yang bertambah,” katanya.

Dikatakan Risdauli, data yang tercatat tersebut merupakan hasil rekapan dari berbagai perusahaan yang bergerak disemua sektor. Mulai dari pertambangan, perkebunan, perbankan, waralaba maupun di sektor  pariwisata.

“Kesehatan, pertanian, peternakan dan perusahaan yang bergerak disektor lainnya,” bebernya.

Tak hanya itu, pihaknya juga seringkali melakukan sosialisasi ke perusahaan-perusahaan mengenai kewajiban melaporkan tenaga kerjanya ke Disnakertrans Berau.

“Baik itu tenaga kerja lokal, luar daerah maupun tenaga kerja asing yang ada di Berau,” tandasnya. (yf)

Bagikan