Follow kami di google berita

Persiapkan WBP Untuk Mandiri dan Melek Peluang Usaha, Rutan Tanjung Redeb Buka Usaha Laundry

A-News.id, Tanjung Redeb — Upaya pembinaan terhadap nara pidana di Rutan Kelas II Tanjung Redeb dimaksimalkan. Sejumlah produk usaha dimunculkan oleh Warga Binaan Permasyarakatan.

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb, Puang Dirham mengatakan, ada banyak produk yang dibuat oleh WBP. Mulai dari hasta karya berupa miniatur kapal, asbak yang terbuat dari limbah kayu, hingga kriya meubel lainnya.

Bahkan, kata dia, perbengkelan pun mampu dilakukan oleh WBP. Mulai dari bengkel mesin hingga motor pun kerap dilakukan oleh WBP dengan peralatan yang telah disediakan oleh Rutan Tanjung Redeb.

Selain itu, pihaknya juga saat ini tengah merintis bidang usaha laundry yang dikelola oleh koperasi.

“Tujuan dari seluruh kegiatan ini, tidak lain dan tidak bukan untuk melakukan pembinaan terhadap WBP. Agar setelah mereka dinyatakan bebas bisa mandiri dan tidak terjebak lagi dalam lembah hitam,” ujarnya.

Selain itu juga, keahlian yang dimiliki WBP nantinya diharapkan mampu menekan angka residivis yang kerap terjadi di Bumi Batiwakkal.

“Ini menjadi poin pokok dalam tujuan kami. Karena kami tidak ingin ada residivis lagi,” tegasnya.

Diakuinya, dari seluruh usaha yang ada, uang atau hasil yang diperoleh akan masuk Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Ya sebagian juga nanti ada komisi yang dialokasikan untuk WBP. Jadi mereka tidak kerja kosong. Mereka tetap dapat hak atas kerja yang dilakukan,” tandasnya.(poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel