Peringati Hari Perhubungan Nasional 2021, Menhub & Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb: Mari Bersama Bergerak Harmonikan Indonesia

A-News.id, Berau – Dalam rangjka memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2021 yang bertepatan pada Jum’at, 17/9/2021, KUPP Kelas II Tanjung Redeb Berau menggelar upacara memperingati Hari Perhubungan Nasional tersebut melalui webinar (zoom conference) dengan Inspektur Upacara Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dan dihadiri Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian beserta staf dan jajaran di Ruang Rapat KUPP Kelas II Tanjung Redeb.

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa Hari Perhubungan Nasional 2021 merupakan momentum yang tepat bagi Insan Perhubungan untuk terus memperbaiki kinerja kita di sektor transportasi. Karena di masa pandemi Covid-19 seluruh tatanan di berbagai sektor berubah, termasuk sektor transportasi.

“Pada Harhubnas kali ini mengusung tema “Bergerak Harmonikan Indonesia”, yang memiliki arti seluruh unsur di sektor transportasi harus terus bergerak maju, berani berubah untuk memberi sumbangsih terbaik bagi kemajuan transportasi, yang pada akhirnya memberi harmoni bagi bangsa dan negara kita,” imbuh Menhub Budi Karya Sumadi.

Terkait memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2021, sebelum mengikuti upacara secara webinar mengikuti upacara puncak peringatan Hari Perhubungah nasional, Jajaran KUPP Kelas II Tanjung Redeb beserta mitra kerja melaksanakan kegiatan olahraga, dan Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian membagikan ‘Door Prize’ kepada jajaran KUPP Kelas II Tanjung Redeb dan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kita sehabis olahraga, kita memberikan ‘Door Prize’ hanya kepada karyawan dan karyawati serta yang hadir dalam kegiatan olahraga sebelum megikuti upacara Hari Perhubungan Tahun 2021, Jumat 17/9/2021,” kata Hotman.

Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian mengatakan pada pelaksanaan puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2021 Jumat, 17/9/2021, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan beberapa arahan kepada seluruh insan perhubungan di seluruh Indonesia, dan dalam penyampaiannya, Menhub, antara lain mengatakan Peringatan Hari Perhubungan Nasional dengan penuh kekhidmatan dan rasa bangga sebagai bagian dari pembuat kebijakan, pelaksana pembangunan, pelayanan, penggerak dan pemerhati tranportasi Indonesia.

Hari Perhubungan Nasional ini, lanjut menhub dalam penyampaiannya, merupakan momentum yang tepat bagi kita sebagai insan perhubungan untuk terus memperbaiki kinerja kita di sektor transportasi, sekaligus merefleksi apa yang sudah kita lakukan dan karya apa lagi yang dapat kita wujudkan kedepannya bagi bangsa dan negara kita. Seperti kita ketahui bersama Indonesia telah masuk dalam tahap kedua pandemi covid-19, akibatnya tatanan di berbagai sektor mau tidak mau harus berubah termasuk transportasi, di sisi lain kita harus tetap bekerja membangun berbagai infrastruktur transportasi sebagai tugas dan fungsi utama kita.

Hal ini tentu tidak mudah, lanjut menhub dalam penyampaiannya, perlu inovasi dan terobosan tapi juga kehati-hatian. Yang tidak kalah penting juga adalah perubahan cara pandang untuk melihat perubahan lingkungan ini sebagai sebuah tantangan yang dibaliknya selalu ada peluang, oleh karenanya Hari Perhubungan Nasional 2021 kali ini mengambil tema “Bergerak Harmonikan Indonesia”. Tema ini memiliki makna yaitu seluruh unsur di sektor transportasi harus terus bergerak maju, berani berubah untuk memberi sumbangsih terbaik bagi kemajuan transportasi, yang pada akhirnya memberi harmoni bagi bangsa dan negara kita.

Sesuai makna hari perhubungan nasional sebagai hari bakti insan tranportasi kepada negeri, maka sejumlah kegiatan telah disiapkan untuk dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh elemen transportasi, baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat.

Kegiatan Kebersihan Lingkungan

Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb juga menyampaikan bahwa sehari sebelumnya, yaitu pada Kamis 16/09/2021, dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2021 dan menindaklanjuti surat Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terkait Pelaksanaan Kegiatan Kebersihan Lingkungan, Kantor Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb bersama dengan Stakeholder lainnya yaitu BUP PT. Mitra Samudra Kreasi, Koperasi TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat), DPC APBMI Tanjung Redeb, DPC ALFI/ILFA Tanjung Redeb, PT. Pelindo IV Cabang Tanjung Redeb, PT. PASN, PT. Temas Berau, PT. SPIL dan stakeholder (Agen Pelayaran) melaksanakan kegiatan kebersihan di area lingkungan Pelabuhan Tanjung Redeb.

Hari Perhubungan Nasional 2021 kali ini, lanjut Hotman, mengambil tema ‘Bergerak Harmonikan Indonesia.’ Tema ini memiliki makna yang dalam yaitu : seluruh unsur di sektor transportasi harus terus bergerak maju, berani berubah untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi kemajuan transportasi, yang pada akhirnya memberi harmoni bagi bangsa dan negara kita.

Hotman mengajak segenap ‘kawan laut’ untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kantor, lapangan penumpukan container, area pelabuhan, pantai dan laut, juga menghimbau agar tidak membuang sampah di laut.

“YUK, mari jaga lingkungan kita agar tetap sehat dan bersih dari sampah, karena satu sampah yang dibuang sembarangan tempat, akan menghasilkan bencana yang tak terelakan. Mari Selamatkan bumi dengan menjaga kebersihan bersama!,” ujar Hotman.

Sehubungan dengan itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian mengucapkan terimakasih atas sinergitas dan kerja samanya sehingga kegiatan ini berjalan sesuai harapan, guna mewujudkan Pelabuhan yang aman, bersih, maju dan terdepan. Kita semua mendoakan agar kedepannya Kementerian Perhubungan akan selalu sukses dan jaya, tambahnya.

Sebagai mengakhiri penyampaiannya, Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian, atas nama seluruh Keluarga Besar KUPP Kelas II Tanjung Redeb mengucapkan “Selamat Hari Perhubungan Nasional Tahun 2021”

MARI BERSAMA BERGERAK HARMONIKAN INDONESIA. (dit)

Bagikan