Follow kami di google berita

Perhatikan Jaminan Reklamasi Pasca Tambang untuk Sektor Berkelanjutan

A-News.id, Tanjung Redeb – Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo meminta Pemkab Berau serius mengembangkan sektor berkelanjutan, seperti pertanian pangan serta hortikultura.

“Karena sektor tersebut merupakan sektor yang berpotensi sebagai pengganti sektor pertambangan,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Terkait hal itu, dirinya pun meminta keseriusan pemerintah untuk menekankan kepada pihak perusahaan agar serius dalam penanganan lahan galian pasca tambang, guna mengembangkan sektor berkelanjutan dengan lebih maksimal.

“Kalau berbicara tentang sektor berkelanjutan, maka yang harus diperhatikan adalah bagaimana jaminan reklamasi perusahaan terhadap lahan pasca tambang,” jelasnya.

Ia meminta Pemkab Berau terus mengingatkan kepada para pelaku pertambangan terkait reklamasi tersebut. Pasalnya saat ini banyak lahan pertanian yang telah beralih fungsi menjadi lahan pertambangan.

Jika sektor pertambangan sewaktu-waktu anjlok, sektor pertanian adalah yang paling memungkinkan untuk dikembangkan.

“Maka dari itu dipikirkan dari sekarang, kalau misalnya kita sudah tidak bisa lagi mengandalkan pertambangan, lalu bagaimana kita mau mengembangkan pertanian kalau lahan-lahan yang ada tidak dilakukan reklamasi secara maksimal,” bebernya.

Ia juga berharap sektor pertanian mendapat perhatian khusus oleh Pemkab Berau, termasuk kucuran anggaran yang disiapkan untuk pertanian.

“Upaya yang bisa dilakukan sejak sekarang misalnya membantu para petani dalam sarana prasarana pertaniannya. Sehingga pelan-pelan sektor pertanian ini bisa menjadi pilihan yang benar-benar optimal,” imbuhnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel