Follow kami di google berita

Penyeberangan Berbayar Layani Kendaraan Pribadi dan Industri, Urai Kepadatan di Jalur Singkuang-Limunjan

A-News.id, Tanjung Redeb – Panjangnya antrean kendaraan untuk menyeberang di jalur alternatif yang disediakan pemerintah menarik perhatian salah satu pihak swasta di Kabupaten Berau, untuk menyediakan jalur penyeberangan alternatif. Lokasinya berada di Jalan Poros Tanjung Batu, RT 6 Kampung Maluang menuju Jalan Tanjung Baru, RT 12, Kelurahan Sambaliung.

Juru bicara pihak swasta yang membuka jalur penyeberangan alternatif, Y Perdana mengatakan, pihaknya akan mendatangkan dua unit Landing Craft Tank (LCT) dengan panjang 45,3 meter dan lebar 8 meter, serta panjang 50,6 meter dan lebar 10,9 meter.

“Yang datang hari ini (Jumat/16/6/2023) baru satu unit, LCT yang panjangnya 45 meter. Yang lebih besar lagi rencananya datang tanggal 25 Juni nanti,” ujarnya saat ditemui usai melakukan uji coba pendaratan LCT di Maluang dan Sambaliung, sore tadi (16/6/2023).

Namun, sebelum beroperasi, pihaknya masih akan melakukan pembenahan pada dermaga di sisi Sambaliung. Hal ini untuk keamanan dan kelancaran naik turun kendaraan.

“Kalau tidak ada kendala, Minggu nanti mulai operasional,” ujarnya.

Jalur penyeberangan alternatif yang dibuka lebih diperuntukkan bagi kendaraan industri. Seperti truk-truk BBM, LPG, CPO, material bangunan, dan lainnya.

“Tapi kalau ada pemilik kendaraan pribadi mau ikut, tetap kami layani,” terangnya.

Apakah berbayar? Ditanya demikian, Perdana menjelaskan setiap kendaraan yang akan menyeberang dikenakan tarif yang cukup terjangkau.

“Sebelum menetapkan tarif, kami juga koordinasi dengan pemerintah, karena tujuan utamanya juga untuk mendukung pemerintah mengurai kepadatan kendaraan yang mengantre di jalur penyeberangan selama perbaikan Jembatan Sambaliung dilaksanakan,” bebernya.

Besaran tarif penyeberangan yang dipatok pun beragam. Sesuai klasifikasi jenis kendaraan. Mulai Rp 25 ribu untuk sepeda motor, Rp 300 ribu untuk kendaraan roda empat, Rp 500 ribu untuk truk setara canter R6 DT/box/bak kayu, dan Rp 750 ribu untuk truk setara Fuso.

Nantinya, penyeberangan akan beroperasi mulai pukul 08.00 Wita hingga 22.00 Wita setiap harinya.

“Harapannya bisa memperlancar arus perjalanan industri dan masyarakat,” imbuhnya. (to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel