Follow kami di google berita

Penyaluran Dana Desa di Berau Sudah 100 persen

A-News.id, Tanjung Redeb — Penyaluran Dana Desa (DD) di Kabupaten Berau per Kamis (22/12) sudah mencapai Rp87,84 miliar atau sudah 100 persen setelah dilakukan realokasi anggaran.

“Anggaran sebesar Rp87,84 miliar ini untuk seluruh 100 desa yang tersebar pada 12 Kecamatan Kabupaten Berau,” ujar Kabid Pemerintahan dan Kampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Berau,¬†Sudirman.

Sudirman menjelaskan, ada beberapa kebijakan yang telah ditetapkan pemda termasuk bersurat ke Kecamatan maupun kampung agar lebih awal melakukan percepatan penyaluran dana desa. Selain itu, ada beberapa desa yang belum menyelesaikan akan tetapi kita sarankan agar dapat meminta bantuan oleh salah satu tim pendamping desa sebelum waktu yang sudah ditentukan.

“Karena ada pembaruan kebijakan dari Kementerian Keuangan untuk penyaluran, tanggal 20 Desember itu sudah selesai semua,” jelasnya

Mengenai presentase penyerapan anggaran akan diketahui saat aparatur kampung telah melaporkannya, laporan itu akan dapat diberikan  kemungkinan di awal tahun depan.

“Januari baru ada datanya, berapa realisasi sumber dana termasuk dana desa,” bebernya.

Selain itu, ada beberapa kampung yang sempat terhambat dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebanyak 40 persen, karena jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kurang dari 40 persen sebagaimana ketentuan PMK No 190 tahun 2021. Sisa dari dana BLT tersebut sebesar Rp5.8 miliar dan akan disalurkan untuk kampung lain.

“Setelah kita usulkan ke Kementrian Keuangan bahwa kami tetap realokasi anggaran tersebut kembali ke kampungnya masing-masing agar dapat mempercepat pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan sdm serta ketahanan pangan dan hewani, ” tandasnya. (yf)

Bagikan