PEMBAGIAN PERAHU PAVET DI KAMPUNG DERAWAN SUDAH SESUAI KESEPAKATAN

Pembagian bantuan Pavet (Perahu kecil fiber) kepada nelayan Pulau Derawan

ANEWS, Berau – Sempat mencuat masalah ketidakpuasan sebagian nelayan Pulau Derawan terkait pembagian bantuan Pavet (Perahu kecil fiber) kepada nelayan Pulau Derawan, H. Bahri, Kepala Kampung Derawan menjelaskan bahwa jumlah bantuan yang dibagikan 20 unit (pavet) perahu kecil fiber untuk nelayan dari dana APBK Kampung Pulau Derawan, saat dikonfirmasi Anews via telepon, Sabtu, 7/11/2020.

Menurut H. Bahri karena 20 unit saja agak sulit bila dibagikan secara adil atau pemerataan kepada semua calon penerima, maka perlu dimusyawarahkan dengan warga yang juga dihadiri segenap aparat kampung, BPK, Babinsa, Kapolpos serta dari Pos AL Pulau Derawan.  Dan Dia juga sebelumnya akan membagikan bantuan itu setelah pilkada, untuk menghindari ada oknum yang mempolitisasi, namun BPK kampung bersikukuh untuk dibagikan saja.

Dari musyawarah itu disepakati untuk membagi bantuan 20 unit Pavet secara adil kepada calon penerima bantuan di 4 (empat) RT yang ada di kampung Pulau Derawan, yang masing-masing RT mendapat 5 unit Pavet (perahu kecil fiber) sesuai yang dipilih dan disepakati dari daftar nama-nama calon penerima yang sudah diajukan masing-masing RT.

Dan untuk mereka yang belum mendapatkannya akan diberikan pada alokasi anggaran berikutnya pada tahap II.

Secara terpisah, Sertu Wisandy, Babinsa Pulau Derawan mengatakan bahwa memang ada 20 unit Pavet yang akan dibagikan ke 4 RT di Pulau Derawan, yang mana setiap RT akan mendapatkan bantuan pavet 5 unit. Untuk itu masing-masing RT mengusulkan nama-nama yang kemudian dirapatkan di forum untuk menentukan siapa yang prioritas mendapatkan bantuan pada tahap I ini.

Wisandy menambahkan kalau di RT 1 ada mengajukan 5 nama, RT 2 ajukan sekitar 13 nama dan setelah dibahas dengan RT akhirnya diperoleh 5 nama. RT 3 ada 5 nama. Sementara RT 4 mengajukan 7 nama setelah dibahas dan diteliti, akhirnya diputuskan 5 nama calon penerima bantuan pavet.

“Nanti nama-nama yang belum dapat akan diberikan di tahap kedua yang direncanakan pada tahun 2021,” ujar Wisandy.

Namun ada diantara warga di RT 4 yang ngotot untuk mendapatkan bantuan pada tahap I ini, padahal sudah disepakati bahwa karena jumlah bantuan terbatas, tidak bisa memberikan ke semua calon penerima bantuan yang diajukan masing-masing RT, yang jumlahnya melebihi dari jumlah bantuan itu sendiri, sehingga disepakati diberikan secara adil ke masing-masing RT sebanyak 5 unit perahu.

Dan RT-RT bersama tim di Forum Musyawarah Kampung Pulau Derawan membahas dan menilai secara objektif siapa saja yang mendapatkan bantuan pavet di tahap I ini. Kesepakatan inilah yang ditindak lanjuti untuk menetapkan calon penerima bantuan tahap I. Dan nama-nama yang belum, nanti otomatis akan mendapatkan di periode berikutnya di Tahun 2021. (jul/Nov)

Bagikan