Follow kami di google berita

Owa Peliharaan Warga Disita BKSDA

A-News.id, Tanjung Redeb – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 1 Berau menyita primata jenis owa. Owa tersebut disita dari rumah warga di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (26/10/2022).

Dari pantauan tim A-News.id di lapangan owa yang sudah dikandangkan di Kantor BKSDA SKW 1 Berau tersebut ada satu ekor berjenis kelamin jantan. Mamalia tersebut disita karena termasuk salah satu jenis kera yang dilindungi.

Kepala BKSDA SKW 1 Berau Dheny Mardiono menyatakan, informasi pemeliharaan owa tersebut didapat dari warga. Awalnya petugas sempat kesulitan karena pemilik rumah tidak berada di tempat. Owa tersebut tetap disita dan dibawa ke kantor BKSDA setelah petugas menghubungi pemilik rumah melalui ponsel.

“Jadi sudah agak lama dipelihara jadi owa sudah agak jinak, saat akan kita masukkan ke kandang angkut pun tanpa harus kita lakukan pembiusan, jadi langsung bisa kita pindahkan,” katanya.

Owa sitaan tersebut akan ditempatlan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) di Long Sam, Kampung Merasa, Kecamatan Kelay untuk rehabilitasi. Setelahnya owa tersebut akan dilepasliarkan ke habitatnya semula.

“Owa tersebut akan kami cek dulu kesehatannya apakah dia sehat untuk bisa dilepaskan, kita juga akan cek kebiasan dan tingkah lakunya, kalau sudah bisa kita lepaskan maka akan kita lepaskan,” tandasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel