Dapat Kucuran Dana Rp 30 Miliar, Anggota DPRD Bontang Siap Kawal Program Kotaku Selambai

ANEWS, Bontang – Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kampung Selambai, Kelurahan Lok Tuan, Bontang Utara kembali berlanjut.

Kali ini program tersebut menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI senilai Rp 30 miliar.

Anggota DPRD Bontang Faisal, mengungkapkan anggaran akan difokuskan untuk dua jenis kegiatan. Yakni perbaikan dan pelebaran kayu dari RT 02 hingga RT 06 yang diproyeksi menelan anggaran Rp 16 miliar.

Selanjutnya, anggaran sebesar Rp 5 miliar akan digunakan untuk menata pemukiman warga serta pembangunan instalasi pengolahan limbah (IPAL).

“Anggaran dari Kementrian PUPR ini akan digunakan untuk menata dan memperindah Selambai, agar jadi ikon wisata baru di Bontang nantinya,” ujar Faisal saat ditemui di Kantor DPRD Bontang, Senin (31/05/2021) siang.

Politisi Nasdem itu melanjutkan, dari anggaran DAK itu pemerintah juga akan melakukan bedah rumah di Kampung Selambai sebanyak 200 unit. Bedah rumah akan menyeragamkan bentuk dan warna sehingga pemukiman terlihat lebih tertata.

Untuk bedan rumah, Faisal menyebut akan dianggarkan sebesar Rp 57 juta. Proses tender pun akan segera dilaksanakan Juni mendatang di LPSE kota Bontang.

“Secepatnya akan segera dilelang di LPSE Bontang,” ujarnya.

Selain itu, legislator yang bermukim di Selambai ini mengatakan, kali ini anggaran DAK juga digunakan untuk pengadaan tambahan perahu, landmark kawasan, beserta jaringan hidran kering.

“Kami akan terus mengawal agar Kampung Selambai terus mendapat bantuan anggaran dari pemerintah pusat,” pungkasnya. (Adv/Taha)

Bagikan