Follow kami di google berita

Rutan Kelas II B Tanjung Redeb Pamerkan Hasil Karya WBP di Bazar One Day, One Prison Product

A-News.id, Tanjung Redeb – Banyak agenda yang digelar oleh Rutan Kelas II B Tanjung Redeb dalam rangkaian kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58. Bahkan di bulan suci Ramadan ini, jajaran petugas rutan, juga berinisiatif untuk membuat bazar aneka takjil dan kerajinan tangan, Senin (11/4/2022).

Bazar aneka takjil dan kerajinan tangan tersebut, seratus persen merupakan hasil olahan dan kreativitas dari warga binaan pemasyarakatan (WBP). Yang dari petugas, hasil tangan WBP itu, dipamerkan di depan halaman Rutan Kelas II B Tanjung Redeb, Jalan Murjani 2, Tanjung Redeb.

Kepala Rutan, Puang Dirham mengatakan, bazar yang mengusung tema “One Day, One Prison Product” atau dalam bahasa indonesia diartikan sebagai satu produk penjara dalam satu hari, dimaknakan sebagai dukungan untuk meningkatkan produktivitas warga binaan oleh petugas sipir dengan membantu memasarkan karya WBP ke masyarakat umum.

“Kegiatan yang mengangkat tema One Day One Prison Product ini berhasil menarik perhatian masyarakat sekitar Rutan Tanjung Redeb. Kita mau menyampaikan pula kepada masyarakat, kalau WBP ini selama di dalam rutan juga dibina untuk bisa produktif dalam berkarya,” jelasnya, sembari melihat-melihat bazar.

Pelaksanaan bazar tersebut, akan digelar selama bulan April 2022. Nanti diakhir kegiatan omzet hasil penjualan akan dihitung sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Selanjutnya, juga akan ada premi atau gaji bagi WBP yang bersangkutan yang produknya berhasil terjual. Dalam hal ini, WBP diharapkan dapat berubah menjadi seorang yang lebih baik dan turut serta dalam pembangunan negara melalui hasil penjualan kerajinan mereka yang di salurkan ke PNBP.

“Hasil penjualan kerajinan mereka akan kami salurkan ke PNBP dan premi atau gaji bagi WBP yang membuat keterampilan tersebut,” lanjut Kepala Rutan Kelas II B Tanjung Redeb tersebut.

Salah seorang wanita yang membeli masakan olahan WBP dalam acara One Day One Prison Product mengacungi jempol masakan WBP.

“Tampilan masakannya sangat menarik dan rasanya pun enak. Masakan seperti ini sudah sangat pantas untuk di pasarkan ke masyarakat,” tutur wanita tersebut. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel