Follow kami di google berita

Curah Hujan Meningkat Dinkes Antisipasi Timbulnya Kasus DBD

A-News.id, Tanjung Redeb – Program pengasapan atau fogging mengantisipasi demam berdarah dari Dinas Kesehatan Berau sudah mulai dilaksanakan. Pengasapan harus segera dilakukan karena Berau sudah memasuki musim penghujan, Kamis (2/2/2023).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Berau Garna Sudarsono mengatakan, pengasapan harus segera dilakukan guna menekan kasus DBD tahun 2023.

Pasalnya untuk 2022 tercatat kasus terkonfirmasi positif DBD melonjak tajam yakni sebesar 573 pasien dibanding 2021 sebanyak 78 pasien.

“Jadi untuk peningkatan cukup signifikan, penderitanya hampir semua golongan umur,” katanya.

Lanjut Garna, di setiap puskesmas juga sudah mulai bergerak melakukan upaya edukasi ke masyarakat terkait pencegahan DBD. Seperti misal, melakukan gerakan 3M (menguras, menutup dan mengubur). Yang merupakan cara ampuh untuk menekan angka penyebaran penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue).

“Dari Dinkes juga sudah membagikan pupuk abate yakni pestisida berbentuk serbuk berwarna putih yang digunakan untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk dalam genangan air,” jelasnya.

“Di awal tahun 2023 ini kita sudah mulai berjalan, baik pembagian pupuk abate dan fogging terfokus,” tambahnya.

Lanjut Garna, dirinya mengimbau agar masyarakat juga bisa menjaga kebersihan lingkungan. Sebisa mungkin menghindari tempat-tempat nyamuk berkembang biak seperti penampungan air serta segera melaporkan diri apabila ada terdapat gejala DBD. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel