Follow kami di google berita

Operasi Ketupat Kayan Dimulai, 130 Aparat Gabungan Siaga Amankan Mudik Lebaran

A-News.id, Tanjung Selor — Sebanyak 130 personel gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, dan BPBD dikerahkan untuk mengamankan jalur mudik Lebaran 1445 H di wilayah Bulungan, Kalimantan Utara. Operasi Ketupat Kayan ini fokus pada kelancaran arus mudik di jalur sungai, yang merupakan primadona transportasi masyarakat di kawasan tersebut.

Kapolres Bulungan, Kombespol Agus Nugaraha, memastikan kesiapan pihaknya dalam menjaga keamanan dan kelancaran mudik masyarakat. “Ada sekitar 130 personel yang kami siagakan di pos-pos pengamanan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Penekanan utama Operasi Ketupat Kayan adalah pada moda transportasi sungai, khususnya Pelabuhan Kayan I dan Kayan II. “Kedua pelabuhan ini merupakan nadi transportasi utama masyarakat di Bulungan,” terangnya.

Untuk memastikan kelancaran arus mudik, Agus mengungkapkan pihaknya telah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama instansi terkait pada 3 Maret 2024. “Rakor ini bertujuan untuk memastikan kesiapan kapal dan cadangan yang disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” tuturnya.

Kombespol Agus juga mengimbau para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan mengecek kelengkapan alat keselamatan. Bagi yang meninggalkan rumah, ia mengingatkan agar melakukan pengecekan kondisi rumah, terutama arus listrik dan kunci.

“Jika ada yang meninggalkan barang, silakan titipkan di kantor polisi. Kami menerima penitipan baik kendaraan maupun barang lainnya,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan posko untuk beristirahat bagi para pemudik. “Bagi masyarakat yang berlibur atau cuti, kami harap jaga keselamatan dan kesehatan, terutama patuhi semua peraturan lalu lintas sehingga selamat sampai tujuan,” tutupnya. (lia)

Bagikan

Subscribe to Our Channel