Follow kami di google berita

Maraknya Kasus Karhutla Di Benua Etam, BPBD Kaltim Himbau Masyarakat Waspadai Penyakit ISPA

(Foto: Polusi asap yang di akibat oleh Karhutla di bebrapa kabupaten/Kota/Ist)
(Foto: Polusi asap yang di akibat oleh Karhutla di bebrapa kabupaten/Kota/Ist)

Anews.id, Samarinda – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Timur (Kaltim) meminta masyaraka Kaltim untuk mengantasipasi penyakit saluran pernafasan atas (ISPA) akibat maraknya kebakaran hutan dan lahan (kahutla).

Hal ini diungkapkan langsung oleh kepala BPBD Kaltim, Agustianur. Ia mengaku sangat prihatin atas maraknya karhutla di wilayah Kaltim beberapa hari ini terakhir ini.

“Kami menghimbau untuk masyarakat Kaltim waspada terhadap penyakit yang menyerang akibat asap. Antara lain, ISPA, iritasi pada mata, dan alergi kulit,” Ungkap Agustianur kepada awak media. Selasa (10/10/2023).

Agustianur menyebutkan akibat karhutla ada beberapa daerah yang terdampak populasi udara. Yakni, wilayah selatan Kaltim, Tanah Grogot, dan Kabupaten Paser.

“Karena itu jarak pandang sudah mulai terbatas dan membawa dampak buruk akibat kepulan asap yang mengganggu kesehatan masyarakat sekitar,” Jelasnya.

Untuk itu, Agustianur menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, dan beberapa rumah sakit untuk menyediakan obat-obatan untuk masyarakat yang terjangkit akibat karhutla.

Melihat maraknya peristiwa Karhutla, kami mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan di tengah kondisi cuaca panas akibat puncak musim kemarau,” Pungkasnya. 

 

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel