KPU Lantik 330 Anggota PPS Kabupaten Berau

A-News.id, Tanjung Redeb — Sebanyak 330 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Berau dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau.

KPU Berau melantik ratusan anggota PPS di Tanjung Redeb untuk 4 kecamatan terdekat. Selebihnya diwakilkan oleh komisioner yang lain dengan atas nama Ketua KPU.

Hal itu dikatakan oleh Ketua KPU Berau, Budi Harianto. Dirinya berkeinginan agar semua anggota PPS di Kabupaten Berau dapat dilantik secara bersama-sama, mengingat letak geografis yang tidak memungkinkan sehingga pihaknya melantik secara serentak dengan lokasi yang berbeda.

“Harusnya semua dapat dilantik bersamaan, karena jarak akhirnya kita lantik anggota PPS berbeda lokasi dan diwakili langsung oleh komisioner yang lain atas nama Ketua KPU,” ujarnya usai melantik anggota PPS di aula UMB Tanjung Redeb, Selasa (24/1/2023).

Budi menjelaskan, sebanyak 330 anggota PPS yang dinyatakan lulus seleksi ini telah diumumkan ke publik, di mana peringkat 1,2 dan 3 ditetapkan sebagai anggota PPS terpilih sedangkan peringkat 4,5 dan 6 sebagai calon pengganti antar waktu.

Para anggota PPS tersebut, kata dia, nantinya akan bertugas di 110 desa dan kelurahan dalam 13 kecamatan di Kabupaten Berau, atau setiap desa/kelurahan berjumlah tiga orang.

Kalangan anggota PPS ini setelah dilantik selanjutnya akan langsung bekerja menjalankan tugasnya di lapangan antara lain melakukan pemutakhiran data pemilihan dan lainnya.

Dia berharap, kalangan anggota PPS yang terpilih ini nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik serta menjaga integritas sebagai anggota PPS serta menjaga muruah sebagai penyelenggara pemilu yang independen.

“Itu kita harapkan,” pungkasnya. (Yf)

Bagikan