KPU BERAU LAKSANAKAN SIMULASI NASIONAL PEMUNGUTAN DAN PERHITUNGAN SUARA DI TINGKAT TPS PILKADA 2020

ANEWS, Berau – KPU Berau melaksanakan Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap di Tingkat TPS Dalam Pemilihan Serentak 2020 dengan pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19 yang dilaksanakan di Lapangan Basket Tanjung Redeb, Sabtu, 21/11.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai contoh praktek proses pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara pada Pilkada Serentak Tahun 2020 dengan protokol Kesehatan covid-19 di TPS-TPS, yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Berau.

Simulasi tersebut disaksikan langsung Pjs. Bupati Berau, Ketua KPU Berau, Bawaslu Berau, Kapolres Berau dan Dandim 0902/TRD Berau dan ikuti peserta simulasi dari PPS dan PPK serta para peserta simulasi sebagai warga masyarakat yang mengikuti pelaksanaan pencoblosan surat suara, dengan sample mereka sebagai pemilih mewakil penyandang cacat, pemilih yang tidak memakai masker, pemilih yang suhu badannya melebihi batas normal 36 derajat Celcius, yang memberikan informasi cara pelaksanaan dan penanganan yang diperlukan bagi pemilih tersebut untuk memastikan proses pelkasanaan berjalan dengan lancar.

Terkait simulasi ini Budi Herianto, Ketua KPU Berau menjelaskan bahwa simulasi ini wajib dilakukan karena berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya karena saat ini sedang dalam masa pandemi, dan dilakukan sebagaimana sesungguhnya nanti. Dan warga yang diundang mengikuti simulasi juga yang terdaftar di DPT di lokasi sekitar tempat pelaksanaan simulasi.

“Semua pemilih dalam simulasi tadi dari DPT yang ada disini sekitar lebih dari 200 orang, dan ada beberapa kategori yang diperankan dalam simulasi tadi, seperti tadi ada yang memerankan tidak makai masker, ada juga diperankan yang memakai masker berlogo partai, seperti apa penanganannya, sehingga teman-teman di lingkungan TPS paham bagaimana nanti menanganinya, ” kata Budi.

Di simulasi tersebut juga disediakan sarung tangan, masker, hand sanitizer serta material lain yang diperlukan dalam pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan covid-19. (nov/jul)

Bagikan