Follow kami di google berita

Komisi I DPRD Berau Setuju Labanan Makmur Jadi Kecamatan Sendiri

A-News.id, Tanjung Redeb – Desas-desus wacana pemekaran Kampung Labanan Makmur menjadi kecamatan baru, terus berhembus. Rupanya, wacana itu mendapat respons positif dari DPRD Berau.

Ketua Komisi 1 DPRD Berau Feri Kombong mengatakan, Kampung Labanan Makmur yang berada di Kecamatan Teluk Bayur bakal jadi kecamatan tersendiri.

Alhasil, wacana pembentukan Kecamatan Labanan Makmur berpisah dari Kecamatan Teluk Bayur mendapatkan persetujuan dari DPRD Berau.

Feri Kombong menegaskan dukungannya terhadap rencana penambahan kecamatan. Namun, dengan catatan, hal itu nantinya akan berdampak pada kemudahan pelayanan masyarakat.

Menurutnya, pemekaran wilayah bukanlah suatu hal yang mudah karena membutuhkan kajian yang lebih mendalam.

Apabila memudahkan urusan masyarakat, maka tidak ada alasan untuk tidak mendukung rencana tersebut.

“Kalau dari persyaratan sudah selesai semua, kami dari Komisi I setuju. Kenapa tidak dimekarkan? Saya kira ini bagus,” bebernya.

Politisi Gerindra ini mengingatkan, sebelum dilakukan pemekaran, dipastikan agar jangan sampai mengganggu mekanisme di kecamatan induk.

Sebab, jika 4 kampung dari Teluk Bayur berpisah dan menjadi kecamatan baru, maka kecamatan Teluk Bayur kehilangan beberapa kampung.

Jika berdampak, maka harus ada inisiatif lain yang harus diambil pemangku kebijakan.

“Misalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang memilih atau menetapkan kampung mana yang masuk kecamatan baru. Itu juga harus dilihat dari segi geografis wilayahnya juga. Keinginan kami, semua itu dapat berjalan tanpa mempengaruhi mekanisme lainnya,” bebernya.

Dia menilai, Labanan Makmur memang sudah sangat layak untuk menjadi kecamatan baru di Kabupaten Berau.

Apalagi jika melihat kampung-kampung yang siap bergabung dengan Labanan. Dampaknya kepada masyarakat sangat besar.

Terutama terkait kemudahan pelayanan dalam hal pengurusan dokumen kependudukan di kantor kecamatan. “Kami mendukung Labanan dimekarkan, karena memang sudah baik menjadi kecamatan,” tandasnya. (Adv/poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel