Follow kami di google berita

Kodim 0902 Berau Mulai Seleksi Ponpes Untuk Rebutkan Piala Kasad di Kejuaran Liga Santri 2022

A-News.id, Tanjung Redeb – Pondok Pesantren Al Ihsan, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau ikuti seleksi Liga Sepakbola Piala Kepala Staff Angkatan Darat (Kasad). Pertandingan tersebut, digelar di Lapangan Batiwakkal, Jalan Murjani 1, Senin (20/6/2022).

Dalam laga seleksi ini, ponpes Al Ihsan bertanding melawan SMA Negeri 1 Berau. Dandim 0902/Bru, Letkol Inf. Dony Fatra mengatakan, pertandingan ini digelar serentak se Indonesia. Dengan pusat kegiatan digelar di Kota Jombang, Jawa Timur yang merupakan Kabupaten dengan sebutan kota santri.

Kata Dandim, seleksi akan digelar mulai dari tingkat Kabupaten/kota berlanjut ke provinsi hingga ke tingkat pusat, yang perwakilannya akan diambil dari masing-masing di 34 provinsi se Indonesia.

“Untuk di Kabupaten Berau kita hanya memiliki 1 tim dari ponpes Al Ihsan. Namun sambil menunggu kegiatan tersebut kita akan mengadakan pertandingan persahabatan dengan masing-masing SMA di wilayah-wilayah yang ada di Kabupaten Berau,” ujarnya.

Dari pagelaran liga santri ini, Letkol Inf. Dony Fatra berharap para santri, selain mampu memiliki keimanan, taqwa dan akhlak juga mampu menumbuh kembangan potensi diri di bidang olahraga.

Bahkan dalam sambutan Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Dandim memastikan, liga santri ini merupakan wadah silahturahmi para santri di setiap ponpes se Indonesia.

“Melalui kompetisi ini diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai sarana untuk menumpahkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan negara serta tetap berpedoman kepada nilai-nilai religius keagamaan,” tandas Dandim 0902/Bru, Letkol Inf. Dony Fatra.

Sementara itu, Pengurus Ponpes Al Ihsan, Adri Al Amin menyebut, kegiatan liga santri ini sangat bernilai positif. Pasalnya mampu, menjadikan santri mempunyai jiwa berkompetisi di bidang olahraga dengan menunjung tinggi sportivitas sehingga bakat dan minat para santri untuk berolahraga bisa semakin berkembang.

Apalagi liga santri ini diakui salah satu ustad di ponpes Al Ihsan itu, merupakan kali pertama digelar di Kabupaten Berau.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa sukses, sampai ke tingkat nasional nantinya,” katanya.

Untuk rangkaian pertandingan piala Kasad, liga santri ini, dimulai, Tahap seleksi di tingkat Kabupaten/kota pada, 20 Juni-30 Juli 2022.

Kemudian dilanjutkan pertandingan tingkat provinsi, 7 Agustus-23 September 2022. Dan puncaknya di tingkat nasional, 23 September-22 Oktober 2022. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel