Follow kami di google berita

KLK Group Gelar Gerakan Menanam Pohon Bersama di Tiga Negara

A-News.id, Tanjung Redeb — Sebanyak 278 pohon ditanam oleh KLK di Berau, kegiatan ini melibatkan PT Hutan Hijau Mas, PT Malindomas Perkebunan, PT Satu Sembilan Delapan, PT Jabontara Eka Karsa, dan PT Tekukur Indah. Kegiatan ini secara simbolis dilakukan di Head Office KLK Berau pada Selasa (28/11) pada perayaan Gerakan Menanam Pohon Bersama dan dilakukan di seluruh site secara serentak.

Aksi penanaman 1.000 pohon juga dilakukan di semua Region KLK Indonesia, termasuk Malaysia dan Afrika. Berbagai jenis pohon produktif dan pelindung seperti meranti, mahoni, hingga sengon turut ditanam dalam kegiatan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November.

Presiden Direktur PT Hutan Hijau Mas KLK Group, Janaki Raman, menyatakan bahwa tema pelaksanaan tahun ini adalah ‘Satu Pohon, Satu Harapan,’ yang pertama kali dilaksanakan serentak di tiga negara. Kegiatan ini merupakan komitmen tahunan KLK untuk turut serta dalam menjaga kehijauan lingkungan.

Pohon yang ditanam melibatkan jenis kayu hutan dan pohon buah untuk ditanam di sekitar perumahan karyawan, termasuk area kantor, perkebunan, dan pabrik. Janaki juga mengakui bahwa target penanaman 1 juta pohon di seluruh KLK Indonesia hampir tercapai, dan kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan dengan kolaborasi bersama perusahaan lain.

“Termasuk membantu masyarakat dengan cara memberikan bibit pohon untuk ditanam,” ungkapnya.

Selain penanaman pohon, KLK Group juga menerapkan pengurangan penggunaan botol plastik sebagai upaya menjaga keberlangsungan lingkungan. Semua karyawan diharapkan membawa tumbler sebagai bentuk kepedulian terhadap alam, terutama di Bumi Batiwakkal.

Menanam pohon diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya alam, mulai dari oksigen hingga sinar matahari. Program penanaman pohon ini memiliki tim khusus atau pendamping untuk memastikan pertumbuhan pohon yang optimal.

Dengan menanam pohon, harapannya semua sumber kehidupan dapat kembali menjadi lebih baik, mulai dari oksigen, hingga matahari. Bahkan menanam pohon buah, juga memberikan manfaat untuk ekonomi dengan memanfaatkan buahnya.

“Untuk program menanam pohon ini, kami tentu memiliki tim khusus atau pendamping agar pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan baik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sr Assistant Sustainability KLK Group, Lubis Yohanis menambahkan, kegiatan tanam pohon ini merupakan program berkelanjutan yang berjalan setiap tahunnya secara bertahap. Yakni dengan estimasi penanaman 4.300 pohon buah dan 3.800 pohon tanaman hutan.

“Untuk kegiatan hari ini, di Berau khususnya ada sebanyak 278 pohon yang ditanam secara serentak. Sementara untuk seluruh KLK di Indonesia kurang lebih menanam 1.000 pohon serentak,” terang Lubis.

Sementara Manajer Humas KLK Group, Joko R Utomo, berharap program sinergi seperti ini dapat terus berkelanjutan melalui aksi penghijauan dan pemberdayaan masyarakat yang mengutamakan dampak positif bagi lingkungan, sosial, dan ekonomi masyarakat sekitar.

“Program ini juga dilakukan sebagai bentuk nyata perusahaan dalam mendorong kelestarian lingkungan hidup, selaras dengan sinergi lestari dan harmoni,” tutupnya. (*/)

Bagikan

Subscribe to Our Channel