Ketua DPRD Berau Kesal Kondisi Puskesmas Batu Putih Memprihatinkan

A-News.id, Batu Putih – Puskesmas Batu Putih, Kabupaten Berau kondisinya memprihatinkan, beberapa fasilitas nampak kotor dan tidak terawat. Hal tersebut dikeluhkan masyarakat setempat dan menjadi sorotan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Selasa (8/11/2022).

Ketua DPRD Berau Madri Pani bersama dengan anggota Komisi I Darlena nampak kesal saat menggelar inspeksi mendadak di Puskesmas Batu Putih. Kekesalan tersebut karena beberapa fasilitas di puskesmas nampak kotor dan berdebu, salah satunya di ruang perawatan pasien.

Madri menegaskan kedatangannya di Batu Putih tersebut dalam rangkaian tugas kunjungan ke kecamatan-kecamatan. Saat berdiskusi dengan warga ia mendapat laporan terkait kondisi puskesmas. Untuk memastikan, Madri pun mendatangi puskesmas yang buka 24 jam tersebut.

“Dari hasil sidak kita sejumlah ruangan dan faailitas yang ada itu tidak layak, ya masa seperti bantal saja kurang bagus,” katanya.

“Saya tidak pencitraan, kebetulan saya berkunjung ke kecamatan saya singgahlah disini (Puskesmas Batu Putih) karena permasalahan fasilitas kesehatan juga sudah pernah kita bahas bersama dengan pemerintah daerah,” tegasnya MP.

Saat sidak Madri pun meminta agar jumlah pegawai ditambah dan mereka pun harus aktif bekerja untuk mengantisipasi kejadian luar biasa. Madri juga meminta Dinas Kesehatan menindaklanjuti keluhan masyarakat pesisir terkait kondisi puskesmasnya.

“Saya periksa kelapangan ini pelayanannya kurang prima padahal ini (puskesmas) buka 24 jam, sarana seperti infusnya tidak ada di tempat, lalu dokternya cuma 1 padahal ini buka 24 jam,” katanya.

“Yang harusnya fasilitas kesehatan kan harusnya bersih, sehat dan tertata dengan baik, kalau saya lihat sekarang wah luar biasa bagaimana masyarakat mau sehat sementara tempat pelayanan kesehatannya tidak sehat,” sambungnya.

Apalagi kata Madri Puskesmas tersebut sejatinya melayani 7 kampung sekitar, seperti Batu Putih, Tembudan, Sumber Agung, Lobang Kelatak, Kayu Indah, Balikukup dan Ampen Medang.

“Harapan saya pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan ini bisa menjadi evaluasi yang baik,” harap politisi Nasdem tersebut.

“Saya juga sudah komunikasi dengan kepala dinkes Berau dan sudah direspon juga, kita lihat saja nanti evaluasinya seperti apa, apakah ada tindak lanjut atau tidak, kalau tidak maka saya akan turun kembali,” ujarnya. (mik)

Bagikan