KELURAHAN GAYAM, ZONA HIJAU PERTAMA DI DAERAH PERKOTAAN

ANEWS, Berau – Apresiasi layak diberikan kepada Jajaran Kelurahan Gayam dimana Satgas Covid-19 Kelurahan beserta GRT (Gayam Rescue Team) nya, telah berhasil melakukan beberapa kegiatan terkait penerapan dan pengawasan terhadap protokol kesehatan, khususnya kepada warga di Kelurahan Gayam, sehingga untuk saat ini Gayam sudah berhasil mencapai status Zona Hijau. Iskandar, Lurah Gayam yang menyampaikan ke ANews saat ditemui, Rabu, 28/4/2021.

Status zona hijau ini merupakan yang pertama diantara 10 kelurahan yang ada di Kabupaten Berau, yang ditandai dengan total kasus dirawat 0 se-Kecamatan Tanjung Redeb.

“Alhamdulillah sejak kemarin, Selasa, 27/4, Kelurahan Gayam yang pertama kasus zero Covid-19, kita  sudah di zona Hijau,” ujar Iskandar.

Pencapaian yang diperoleh Kelurahan Gayam  ini, tambah Iskandar, karena kerja tim satgas covid kelurahan yang dipimpinnya, yang tak henti-hentinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk melakukan edukasi, monitoring dan penerapan disiplin pelaksanaan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, dalam kegiatan safari silaturrahmi ke rumah-rumah ibadah yang dilakukan Jajaran Satgas Kelurahan Gayam di tempat-tempat ibadah, surau dan masjid-masjid yang ada di lingkungan kelurahan.

Lurah Gayam ingin bersama warganya untuk mempertahankan zona hijau ini dengan harapan supaya warga masyarakat timbul kesadarannya secara kolektif untuk menerapkan protokol kesehatan.

Iskandar, Lurah Gayam

“Kenapa kita di tempat-tempat yang ada banyak masyarakat, supaya timbul nanti kesadaran secara kolektif, artinya untuk melindungi diri sendiri, anak isteri, keluarga inti dan warga-warga keluarga di sekitar. Nah kalau sudah terkolektif, sementara menunggu vaksin, Insya Allah penyakit ini sudah tidak ada lagi penularannya, yang jelas terputus mata rantainya,” bebernya.

Lurah Gayam juga menyadari di daerah perkotaan seperti di Kelurahan Gayam, Kelurahan Tanjung Redeb, atau Kelurahan Bugis, betapa susah untuk mengontrol atau mengendalikan mobilitas warga.

“Kita tidak tahu dimana kita mau mematok batas kita. Masuknya dari mana-mana,” ungkapnya.

Menyadari kondisi itulah Satgas Kelurahan Gayam gencarkan edukasi kepada warga dengan melaksanakan safari ibadah di bulan Ramadhan ini sambil sosialisasi protokol kesehatan, secara bergiliran ke mendatangi ke-7 surau dan masjid yang ada di Kelurahan Gayam.

Iskandar juga melibatkan Gayam Rescue Team yang ada di Kelurahan Gayam , yang aktif turut melakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat yang diduga ada yang terkonfirmasi positif covid-19. Bahkan sampai ke daerah-daerah lain di Kabupaten Berau.

“Sampai kemarin bisa membantu di Kelurahan Bugis,” kata Iskandar.

Di akhir wawancara, Iskandar berharap kepada seluruh warga Gayam untuk bersama-sama menjaga zona hijau ini. (nov)

Bagikan