BANTUAN UNTUK KORBAN BANJIR DI TUMBIT MELAYU DAN SEKITARNYA BERDATANGAN,PETUGAS AKAN TETAP BERSIAGA

ANews, Teluk Bayur – Bantuan untuk warga yang terkena dampak banjir di sekitar Kampung Tumbit Melayu, Kecamatan Teluk Bayur dan Tumbit Dayak, Kecamatan Sambaliung mulai berdatangan sampai dengan, Minggu (16/5/2021).

Salah satunya datang dari TNI-Polri dan pihak swasta PT SBB Group. Adapun bantuan terdiri makanan siap saji, berupa beras, puluhan dos indomie, telur dan lain sebagainya.

 

 

“Kita bersama-sama dengan Kodim, Armed dan Brimob bersama-sama peduli dengan masyarakat yang terkena dampak banjir. Jadi kita meninjau langsung, kita turunkan personel baik dari Polri maupun TNI untuk mendatakan mana masyarakat yang perlu bantuan dan yang perlu evakuasi kita siagakan,” ucap Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning Wibowo saat dijumpai di sela-sela penyaluran.

“Itu tujuannya apa? Karena masyarakat yang mungkin masih bisa masak itu kita drop bahan mentahnya, kemudian kalau masyarakat tidak bisa memasak nanti dari kampung membuat pos dan memasak, membuat dapur umum disitu dan kemudian mengantar makanan tadi ke rumah-rumah pada saat jam-jam makan,” jelas Kapolres.

Lebih lanjut, AKBP Edy menyampaikan, personel dari kepolisian dan TNI akan tetap disiagakan di lokasi banjir. Sebagai langkah antisipasi apabila ada masyarakat yang harus dievakuasi.

“Apabila nanti air naik lagi, kita akan keliling ke rumah-rumah, untuk masyarakat kita evakuasi ke daratan,” katanya.

“Sementara ada beberapa kemaren (Sabtu, 15/5/2021) yang kita bantu evakuasi dan dari PMI tadi juga tadi ada yang agak sakit-sakit juga sudah dilakukan perawatan, kalau langsung bisa sembuh diberikan obat namun kalau tidak akan dirujuk ke rumah sakit,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0902/Trd Letkol Inf. Fardin Wardhana mengatakan, bahwasanya perlu ada standar operasional dasar yang harus dilaksanakan pada saat melakukan penanganan dan antisipasi bencana banjir.

“Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir. Dengan cara, empat Kecamatan yakni Segah, Kelay, Sambaliung dan Teluk Bayur bisa saling mengiinformasikan terkait akan adanya banjir,” katanya.

“Terkait personel seluruhnya kita siap, tapi sekedar informasi pertadi malam, Sabtu (15/5/2021) Kelay dan Segah sudah tidak mengalami hujan, gerimis pun tidak bahkan siang ini cuaca di dua daerah tersebut sangat cerah,” tandas Letkol Inf. Fardin Wardhana.

Bagikan