Follow kami di google berita

Kelompok Tani Butuh Akses Pupuk yang Mudah, Sarankan Pangkalan di Setiap Kecamatan

A-News.id, Tanjung Redeb — Anggota Komisi II DPRD Berau, Nurung, menyarankan setiap kecamatan memiliki pangkalan pupuk untuk memudahkan kelompok tani dalam memenuhi kebutuhan pupuk. Nurung menjelaskan bahwa pupuk sangat penting bagi petani, baik pupuk subsidi maupun non subsidi.

Nurung mengungkapkan bahwa dirinya telah menyampaikan keluhan petani mengenai pupuk ke Dirjen Pupuk dan Pestisida. Ia berharap keluhan tersebut dapat ditindaklanjuti agar petani dapat lebih mudah mendapatkan pupuk.

“Pupuk ini memang sangat diperlukan baik itu pupuk subsidi atau non subsidi,” ujarnya.

“Padahal dulu tidak seperti itu. Petani mudah saja untuk mendapatkan pupuk,” tambahnya.

Nurung menjelaskan bahwa pupuk sangat penting bagi petani, baik pupuk subsidi maupun non subsidi. Pupuk berfungsi untuk menyuburkan tanaman dan meningkatkan hasil panen.

Saat ini, petani masih kesulitan mendapatkan pupuk, terutama pupuk subsidi. Hal ini karena pangkalan pupuk tidak tersebar secara merata. Akibatnya, petani harus menempuh jarak yang jauh untuk mendapatkan pupuk.

“Saya sarankan setiap kampung, minimal di kecamatan punya pangkalan pupuk masing-masing,” ujar Nurung.

Nurung berharap sarannya ini dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah. Dengan adanya pangkalan pupuk di setiap kampung dan kecamatan, petani dapat lebih mudah mendapatkan pupuk. Hal ini akan berdampak positif terhadap produktivitas pertanian di Berau.

“Saya sarankan setiap kampung, minimal di kecamatan punya pangkalan pupuk masing-masing,” tandasnya. (adv/yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel