Follow kami di google berita

Kejati Kaltim Gelar Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum

A-News.id, Tanjung Redeb — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur (Kaltim) mengelar pemilihan duta pelajar sadar hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB tingkat Kabupaten Berau tahun 2022 di Hotel Exclusive, Jalan AKB Sanipah 2, Rabu (27/7/2022). Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim.

Kegiatan ini diikuti oleh 10 pasang putra-putri yang menjadi perwakilan sekolah di Berau untuk mengikuti proses seleksi untuk menjadi duta-duta pelajar sadar hukum. Mulai dari SMKN 1 Berau, SMKS Sehat Persada Tanjung Redeb, SMAN 1 Berau, SMAN7 Berau, SMAN 4 Berau dan SMA Islam Terpadu Ash-Shohwah.

Asisten Bidang Intelijen Kejati Kaltim, Muhamad Sumartono mengatakan, kegiatan pemilihan duta pelajar sadar hukum ini dilaksanakan ditingkat kabupaten terlebih dahulu, kemudian akan diseleksi lagi ditingkat provinsi. Duta pelajar yang mengikuti

“kegiatan ini merupakan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum ke 3. Sejak pertama kali berlangsung, pada 2020 lalu,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan hukum secara dini terkhusus untuk para siswa/siswi yang masih duduk dibangku tingkat SLTA.

“Sehingga mereka dapat mengerti aturan mana yang bersinggungan dengan hukum jika dilanggar, minimal mereka tahu apa sanksinya semisal ketika ada kasus perundungan terhadap anak-anak secara media sosial maupun verbal, jadi mereka sudah tahu walaupun masih diarahkan penyelesaian di sekolah,” jelasnya.

Ditambahkannya untuk para juara I, II dan III masing-masing memperoleh uang pembinaan, piagam, dan plakat. Kedepannya para juara I,II dan III dari Berau akan bertanding kembali pada tingkat provinsi.

“Untuk para peserta lainnya, dapat menjadi duta pelajar sadar hukum di sekolahnya masing-masing. Karena kita sudah ada program jaksa masuk ke sekolah, sehingga para duta pelajar dapat ikut mendampingi,” tandasnya. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel