Keberhasilan Pembangunan Kampung Birang Tak Lepas dari Upaya Sakrani sebagai Kepala Kampung

ANEWS, Berau – Pemerintahan Kampung Birang di masa pemerintahan Sakrani sudah mengembangkan program-program pembangunan yang menyentuh kepentingan masyarakat seperti pembangunan infrastruktur jalan usaha tani, semenisasi jalan lingkungan kampung dan pengembangan sektor perkebunan kelapa sawit termasuk rencana pengembangan tanaman komoditi Porang yang memiliki nilai ekonomi tinggi sebagai komoditi ekspor.

Beberapa program yang sudah dilaksanakan Kepala Kampung Birang, Sakrani, pada periode pemerintahannya antara lain seperti jalan usaha tani, semenisasi jalan di Kampung Birang, pembangunan 60 unit Perumahan KAT, pembukaan perkebunan seluas 26 Ha, dan usaha UMKM, serta pemasangan listrik tenaga surya di perumahan KAT.

Sakrani, Kamis, 26/8/2021 yang akan maju kembali mencalonkan diri sebagai Kepala Kampung Birang selaku petahana, mengatakan program kedepan Dia akan meningkatkan lagi pengembangan di sektor perkebunan dan pembangunan jalan usaha tani, serta peningkatan kualitas SDM yang ada di Kampung Birang, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau.

Begitu juga, lanjut Sakrani, khusus di sektor perkebunan, yang pengembangannya sementara ini masih berupa palawija, nanti akan diprogramkan pengembangan perkebunan dengan skala tanaman tahunan seperti tanaman coklat sesuai program PT. Berau Coal itu, juga tanaman Porang dan produk yang mana diminati oleh para warga petani.

“Makanya kan untuk kedepan ini kita melihat, yang mana yang sangat potensinya betul yang dijiwai masyarakat, khususnya petani, “ ujarnya.

Sementara dari sektor pendidikan dan SDM, Sakrani mengatakan akan memperjuangkan adanya pelatihan atau mengadakan diklat dengan bekerjasama dengan instansi dan lembaga pelatihan terkait, untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan, baik di bidang perkebunan dan lainnya.

Sakrani, yang punya hobi berkomunikasi dengan sesama warga, dan memiliki seorang isteri dan dikarunai seorang putra dan seorang putri ini berharap kedepan supaya masyarakat Birang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonominya dan berupaya dalam pengembangan Kampung Birang sebagai salah satu kampung yang memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dari segi kualitas SDM maupun produktivitas hasil pembangunan sektor-sektor perkebunan dan pertaniannya di Kabupaten Berau. (dit)

Bagikan