Follow kami di google berita

Jumlah UMKM Di Kaltim Meningkat Pesat, Robi: Karena Ada Pembiayaan Dari Kementerian

Anews.id, Samarinda – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Yadi Robian Noor menyebutkan jumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kaltim saat ini berjumlah 344 ribu.

“UMKM bukannya berkurang malah bertambah dari 307 ribu meningkat jadi sekitar 344 ribu,”ucapnya pada saat berdialog pada Usaha Maju, UMKM Kaltim Go Internasional secara daring, Selasa (24/5/2022).

Yadi Robian Noor menjelaskan bahwa meningkatnya jumlah lantaran ada pembiayaan yang hasil kajiannya itu absolut. Kajian ini dari Kementerian Koperasi, Bappenas dan Bank Dunia. Dimana kajian tersebut mengatakan bahwa 50 persen banyak menutup usuhannya, kemudian hampir 80 persen mengurangi tenaga kerja dan 60 persen menggunakan tabungan.

Dari hasil analisis pihaknya membutuhkan 240 ribu kawan-kawan di bantu dari 307 ribu pelaku UMKM.

“Alhamdullilah dapat bantuan dana sebasar Rp 600 miliar, ini angka yang besar. Mereka yang tadinya sekarat sekarang sudah pulih dan sebagian dari mereka memutar ekonomi,” Jelas Robi sapaan karibnya.

Selain itu, Robi menambahkan dana yang di dapat ini menurutnya, harus perfect membuatnya, karena pendataannya cuma satu bulan, kemudian realisasinya harus dalam waktu 3 bulan.

Lebih lanjut dirinya menambahkan untuk ekspor yang dilepas oleh Presiden di 2020 jumlahnya 4 UMKM, kemudian di tahun 2021 meningkat menjadi 10 pelaku UMKM. Secara keseluruhan UMKM kaltim berjumlah 234.

Peluangnya semakin besar karena ekonomi membaik dan UMKM Kaltim sudah Go Internasional.

“Nilai ekspor Kaltim di 2020 berjumlah 9,3 triliun, sementara di akhir tahun 2021 nilainya meningkat Rp 13,5 triliun terbesar di Indonesia,” tandasnya. (Yud/adv/Kominfokaltim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel