Follow kami di google berita

HUT Ke-20, INAMPA Gelar Seminar Nasional Digitalisasi Pelabuhan

Presiden INAMPA Pasoroan Herman P Harianja (Foto- Dokumen INAMPA)

A-News.id,(Jakarta) — Peringatan HUT Ke-20 INAMPA menggelar acara Seminar Nasional dengan Tema “Mendigitalisasi Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Untuk Meningkatkan Kinerja dan Daya Saing.” Seminar ini dipastikan akan dibuka langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertempat di Hotel Holiday Inn, Jakarta, besok Rabu (14/6/2023).

Presiden INAMPA Pasoroan Herman P Harianja mengatakan kegiatan ini diselenggarakan organisasi Indonesian Maritime Pilot Association (INAMPA) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) dua dasawarsa (Ke-20) terbentuk.

“INAMPA turut terlibat dan berkontribusi dalam mensosialisasikan pentingnya teknologi digital di terminal – terminal yang dikelola oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) dengan menyelenggarakan seminar ini, sekaligus memperingati ulang tahun ke-20 INAMPA,” kata Presiden INAMPA Pasoroan Herman Harianja melalui keterangan persnya diterima redaksi Mimbar Maritim, di Jakarta, hari ini Selasa (13/6/2023).

Herman, mengungkapkan bahwa era Revolusi industri 4.0, dan society 5.0 saat ini, pengaplikasian teknologi digital seperti Artificial Intelligence (AI), Big data, maupun internet of things (IoT) di terminal sudah menjadi suatu kebutuhan.

“Kegiatan ini  dilaksanakan untuk mendorong BUP sebagai upaya untuk membuat terminal-terminal itu lebih efektif, efisien, transparan, inovatif dan kreatif dalam melakukan ekspansi bisnisnya. Selain  itu sebagai bentuk meningkatkan daya saing bisnis BUP tersebut di era digitalisasi saat ini,” jelas Herman.

Menurut dia, manfaat lainnya adalah akan memberikan transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik bagi terminal, terkait penerimaan negara bukan pajak (PNBP) bagi pemerintah khususnya kementerian Perhubungan, termasuk simplifikasi dan kemudahan untuk bisnis partner bagi BUP itu sendiri.

Herman menjelaskan seminar Nasional ini, nantinya akan memberikan pemahaman yang lebih detil dan komprehensif tentang terminal operation yang meliputi sistem Online Booking, Perencanaan, pemanduan dan penundaan kapal, dan kegiatan terminal petikemas, multipurpose, Realisasi Operasional, Online Billing, Integrasi dengan ERP, termasuk dengan sistem inaportnet serta monitoring, dan pengawasan PNBP untuk negara.

Dalam seminar nantinya akan dijelaskan oleh mitra INAMPA sebagai salah satu pembicara Dirut PT Global Intelegensi Indonesia Ivan Tjahjono Bsc.

Dalam seminar Nasional yang dilaksanakan secara tatap muka dan online kali ini, akan menghadirkan beberapa Nara sumber, diantaranya Dirjen Perhubungan Laut Ir. Arif Toha, Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Dr. Vivi Yulaswati MSc, Direktur Kepelabuhan Ditjen Hubla  Muhammad Masyhud, S.T.M.T, Dirut PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) Akbar Djohan,  Ketua Umum INSA Carmelita, Ketua Umum ALFI Hartoto Yukki Nugrahawan Hanafi, Kaprodi Pasca Sarjana Teknik Perkapalan ITS Surabaya Raja Oloan Saut Gurning, dan Dirut PT Global Intelegensi Indonesia Ivan Tjahjono.

Herman mengatakan pihaknya berharap, dengan seminar nasional ini akan semakin meningkatkan daya saing industri kepelabuhanan dan menurunkan biaya logistik nasional, sebagaimana harapan semua pihak.

Seminar ini diikuti oleh sebanyak 500 orang secara daring dan 150 orang tatap muka, yang terdiri dari para pimpinan BUP seluruh Indonesia, para Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama, semua KSOP, KUPP diseluruh Indonesia, dan praktisi bisnis kepelabuhanan.

Ketua panitia Seminar Capt. Bambang Muhardono, M.Mar, menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dari Kementerian Perhubungan, PT Global Intelegensi Indonesia, dan berbagai pihak sehingga seminar ini bisa terlaksana dengan baik. (Mimbar Maritim).

Bagikan

Subscribe to Our Channel