Hadiri HUT Bankaltimara ke-56, Bupati Berau : Tingkatkan Kapasitas Agar Siap Bersaing Dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

A-News.id, Tanjung Redeb – Bupati Berau hadiri Resepsi dan Syukuran HUT Bankaltimtara ke-56 yang dihadiri sebanyak 20 orang sekaligus penyerahan kartu sanggam adji dilayas dan barcode QRIS untuk pedagang pasar sanggam secara simbolis dan penyerahan donasi kepada yayasan I-Care, Kamis (14/10/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sri Juniarsih mengatakan agar berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan kapasitas agar siap bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan pasar global.

Aspek digitalisasi menjadi aspek terpenting yang harus disegerakan, seperti transaksi digital yang sangat cepat berkembang ditandai peralihan transaksi tunai menjadi non tunai. Jenis transaksi ini merupakan langkah yang tepat untuk kemudahan masyarakat untuk bertransaksi terlebih dimasa pandemi yang dianjurkan untuk mengurangi transaksi uang kertas, ujarnya Bupati.

“Keberadaan Bankaltimtara di Kabupaten Berau memiliki arti yang sangat penting, sebagaimana yang kita amati bersama, Bankaltimtara tidak hanya menjalankan fungsinya sebagai lembaga perbankan namun telah menunjukan kontribusi yang nyata dalam pengabdian kepada masyarakat, diantaranya ialah menyelenggarakan program vaksinasi, beasiswa dan perumahan dengan kredit terjangkau,” jelas Sri Juniarsih dalam sambutannya.

Selain itu, ada juga sambutan dari pimpinan cabang Bankaltimtara Tanjung Redeb yang mengatakan, Bankaltimtara merupakan dari 2 pemerintah provinsi yaitu Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) yang telah berbentuk badan hukum perseroan terbatas, mulai beroperasinya Bankaltimtara pada tanggal 14 Oktober tahun 1965 dan diresmikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur pada saat itu yang menjabat.

“Peran BPD Kaltimtara dalam tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah yaitu dengan melalui penyediaan e-channel yang terintegrasi dengan sistem keuangan yang ada di Kabupaten Berau, adapun saat ini bank Kaltimtara sedang menyiapkan alat bantu Terminal Monitoring Device atau TMD untuk mendukung wajib pajak dalam menyetorkan pajaknya terkhusus untuk pajak perhotelan,” jelas Syamsu Alam, Kepala Cabang Bankaltimtara Tanjung Redeb saat sambutan.

Adapun sistem yang akan disiapkan oleh Bankaltimtara cabang Tanjung Redeb yaitu sistem pembayaran retribusi pasar Sanggam Adji Dilayas berbasis digital, dan juga akan menyediakan pembayaran virtual untuk uji kir. (*yd)

Bagikan