Follow kami di google berita

Empat Kecamatan di Berau Belum Miliki Pasar

A-News.id, Tanjung Redeb – Dari data yang dihimpun Bidang Sarana Perdagangan, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Berau bakal ada satu calon pasar yang akan kembali dibangun. Tepatnya berada di Kecamatan Kelay, Sabtu (1/4/2023).

Sebagaimana diungkapkan Kabid Abdulrachim Saad, Kelay merupakan salah satu kecamatan yang hingga kini belum memiliki pasar bertaraf nasional, seperti kecamatan lain yang telah lebih dulu memiliki pasar.

Selain Kelay, ada tiga kecamatan khususnya yang berada di kepulauan yang hingga kini juga belum memiliki pasar. Diantaranya, yakni Maratua, Pulau Derawan dan Biduk-Biduk.

“Kelay masih dalam tahap usulan, untuk pengajuan pasar juga itu tergantung dari pengajuan masyarakat sekitar,” katanya.

Kata Saad untuk pembangunan pasar tidak bisa dilakukan sembarangan. Meski sudah ada pengajuan oleh masyarakat setempat. Pihak pemkab juga perlu melihat langsung ke lapangan memastikan kejelasan legalitas lahan, serta desain yang harus sesuai dengan standar nasional.

Setelah semua dianggap mumpuni barulah dari Diakoperindag membuat permohonan ke Kementerian Perdagangan untuk dibangunkan. Karena kata Saad untuk biaya pembangunannya pun cukup besar kalau ditanggung oleh pemda.

“Jadi standarnya standar nasional yang sudah di desain oleh Kementerian Perdagangan, nah jadi untuk pengusulan yang masuk baru dari Kelay,” jelasnya.

“Beberapa persayaratan salah satunya legalitas lahan itu yang harus diperhatikan, sebelum masuk perencanaan, sudah ada tanahnya tinggal kita minta anggarannya ke Kementerian lagi,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel