Follow kami di google berita

Elly Hartati Rasyid Minta Pemprov Terus Dorong Perkembangan UMKM Di Kaltim

(Foto: Anggota komisi II DPRD Kaltim, Elly Hartati Rasyid/Ist)
(Foto: Anggota komisi II DPRD Kaltim, Elly Hartati Rasyid/Ist)

Anews.id, Samarinda – Anggota komisi IV DPRD provinsi Kalimantan Timur, Elly Hartati Rasyid menilai bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mampu menghidupkan perekonomian di Bumi Etam pada masa pandemi Covid-19. 

Elly sapaan karibnya menjelaskan ketika pandemi di mana krisis ekonomi melanda hampir semua negara di dunia, UMKM telah terlihat menunjukkan kekuatannya dalam menopang perekonomian.

Bahkan, hampir 90 persen ekonomi di Kaltim ditopang oleh UMKM, sementara 10 persen lagi berasal dari investasi usaha besar. 

“UMKM itu anti krisis, tumbuh di masyarakat, kemudian terseleksi dan beradaptasi dengan masyarakat. Kemudian resistensinya luar biasa kuat terhadap isu-isu ekonomi global. Jadi UMKM sekarang menjadi tonggak atau pondasi besar bagi perekonomian Kaltim,” ungkap Elly kepada awak media., Selasa, (14/2/2023).

Tak hanya itu, Elly menegaskan bahwa bahwa Komisi II DPRD Kaltim akan terus menggenjot UMKM di Kaltim untuk dapat meningkatkan produksinya.

“Resistensi UMKM di daerah ini kan layaknya ikan kecil di laut. Kalau ada ikan besar (industri besar) datang, maka ikan kecil ini akan habis. Itulah UMKM. Jadi kami harap pemerintah bisa melindungi UMKM dalam artian bukan membuat mereka manja. Tapi melindungi supaya mereka bisa bersaing secara sehat karena dari sisi manajemen dan pemodalan, UMKM ini masih kecil,” jelasnya.

Lebih lanjut, politisi dari fraksi PDI-Perjuangan itu berharap kepada pemerintah untuk memberikan keadilan kepada teman-teman UMKM untuk berkarya. Hal ini dilakukan supaya Indonesia khususnya Kaltim.

“Supaya kita ini tidak bergantung kepada hasil Sumber Daya Alam (SDA) dan barang impor, sehingga produk UMKM lokal dapat bersaing. (Adv)

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel